• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 24 Juni 2024

Jujugan

Cafe C20 Library and Collabtive Surabaya, Suguhkan Konsep Perpustakaan

Cafe C20 Library and Collabtive Surabaya, Suguhkan Konsep Perpustakaan
Cafe C20 Library and Collabtive Surabaya. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
Cafe C20 Library and Collabtive Surabaya. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Surabaya, NU Online Jatim

Masing-masing orang memiliki selera mengunjungi tempat hiburan atau rekreasi untuk membuatnya bahagia dan menghibur diri karena harus menyelesaikan pekerjaan, kuliah dan lain sebagainya.


Bagi seorang yang mempunyai kegemaran membaca, mengunjungi toko buku atau perpustakaan adalah sebuah kebahagiaan yang nilai kebahagiaannya tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata.


Kali ini NU Online Jatim merekomendasikan sebuah tempat semacam kafe atau warung kopi di Surabaya yang di konsep dengan perpustakaan. Nama tempat ini adalah C20 Library & Collabtive.


Café tersebut beralamat di Jalan Doktor Cipto Nomor 22, Tegalsari, Surabaya atau jika akan ke tempat ini bisa langsung meminta petunjuk jalan google maps. C20 Library & Collabtive ini buka setiap Selasa-Ahad pukul 11.00-21.00 WIB.


Di cafe ini mempunyai tiga ruang, ruang depan tempat penyimpanan buka yang jumlahnya ribuan buku dalam berbagai bidang. Seperti sejarah, filsafat, sastra, agama, dan psikologi.


Saking banyaknya buku, rak buku di tempat ini menjulang tinggi, jika mengambil buku yang di rak bagian atas harus menggunakan tangga yang sudah disediakan. Di ruang ini disediakan meja baca yang cukup untuk tujuh orang lengkap dengan tempat cash laptop jika ingin mengerjakan tugas atau menulis di sini.


Di samping utara ada ruang baca dengan kursi dan meja yang sangat nyaman. Terlebih suasana café ini sangat tenang, karena tidak berada di dekat jalan raya besar. Ruang bagian barat juga digunakan untuk ruang baca yang juga tak kalah luas, ruang ini cocok digunakan untuk diskusi atau rapat. Dan di pojok selatan ruang ini disediakan tempat untuk shalat.


Untuk pemesan makanan ringan dan minuman berada di paling Barat. Jadi saat berkunjung bisa langsung masuk ke ruang paling barat untuk memesan makanan dan minuman, kemudian kembali ke ruang pertama dan memilih buku lalu menentukan tempat yang nyaman untuk membaca buku atau mengerjakan tugas.


Di café ini tidak hanya menyediakan buku untuk dibaca di lokasi, tapi juga menyewakan buku untuk dibaca di rumah dan juga menjual buku. Untuk masuk ke C20 Library & Collabtive tidak dipungut biaya, namun disediakan kotak infaq seikhlasnya untuk pengembangan perpusatakaan. 


Jujugan Terbaru