• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Jujugan

Mengenal Prol Tape, Kue Nikmat Khas Jember

Mengenal Prol Tape, Kue Nikmat Khas Jember
Prol tape. (Foto: NOJ/kompas)
Prol tape. (Foto: NOJ/kompas)

Jember, NU Online Jatim

Ada banyak kue dari berbagai daerah di Indonesia yang punya cita rasa unik. Salah satunya, kue khas Jember yang bernama prol tape. Kue berbahan dasar tape singkong ini memiliki rasa manis dan nikmat. Apabila berkunjung ke Jember serasa belum lengkap bila tidak mencicipi kue yang satu ini.

 

Kue prol tape terbuat dari tape dengan tingkat kematangan yang tidak terlalu matang maupun mentah dengan kualitas terbaik. Dari olahan tape ini jadilah paduan rasa prol tape yang manis dengan aroma sedikit asam.

 

Selain tape singkong, bahan tambahan kue ini juga terbuat dari tepung terigu, susu, mentega dan telur. Campuran mentega dan telur, menjadikan kue ini memiliki sedikit rasa gurih.

 

Cara makan prol tape yang ngeprol atau mudah rontok di mulut ini menjadi alasan kenapa dinamakan prol tape. Prol dalam bahasa Jawa artinya pecah. Ini mendeskripsikan tentang tekstur kue prol tape yang langsung hancur dan pecah di mulut saat digigit.

 

Cara membuat prol tape tidak rumit, karena bahan dasarnya mudah ditemui di berbagai daerah. Hanya saja perlu perhatian khusus dalam memilih tape singkong. Tidak hanya itu, proses pembuatannya pun bervariasi, mulai dari dikukus hingga dipanggang.

 

Seiring meningkatnya kebutuhan konsumen, prol tape kini sudah dibuat dengan banyak varian rasa, seperti original, coklat, keju, dan kismis. Harga prol tape pun sangat terjangkau di kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu.

 

Kudapan ini tidak saja disukai masyarakat Jember, namun juga para wisatawan baik lokal maupun asing yang berkunjung ke kota yang berdekatan dengan Kabupaten Lumajang dan Banyuwangi tersebut. 

 

Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli prol tape di semua toko oleh-oleh yang ada di sepanjang Jalan Gajah Mada dan Jalan Trunojoyo Jember.

 

Sebagai informasi, pada tahun 2014, kue yang berbahan dasar tape singkong ini telah ditetapkan menjadi makanan khas daerah Jember dan masuk dalam daftar Warisan Budaya Tak-Benda Indonesia.


Jujugan Terbaru