• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Kediri Raya

Elemen Pemuda Lintas Agama di Blitar Lakukan Ikrar Kebangsaan

Elemen Pemuda Lintas Agama di Blitar Lakukan Ikrar Kebangsaan
Pembacaan ikrar kebangsaan oleh elemen pemuda lintas agama di Blitar. (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)
Pembacaan ikrar kebangsaan oleh elemen pemuda lintas agama di Blitar. (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)

Blitar, NU Online Jatim
Sebanyak 16 organisasi kepemudaan lintas agama yang tergabung dalam Organisasi Kepemudaan (OKP) mengikuti Apel dan Ikrar Kebangsaan. Kegiatan yang digelar Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Blitar itu dipusatkan di halaman Kantor Bupati Blitar, Jalan Kusuma Bangsa, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jum'at (11/06/2022).


Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dihadiri oleh ribuan pemuda dari berbagai kalangan. Meliputi sejumlah badan otonom (Banom) NU, organisasi kepemudaan lintas agama, serta sejumlah organisasi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) se-Kabupaten Blitar.


“Kegiatan ini bertajuk ‘Merawat Warisan Nilai Luhur Pancasila di Bumi Laya Ika Tantra Adi Raja’. Hal ini diselenggarakan sebagai upaya memperkokoh hubungan antar umat agama serta antar organisasi,” ujar Ki Aris Sugito, Ketua Steering Committee (SC) Apel dan Ikrar Kebangsaan.


Ia menuturkan, bahwa kegiatan itu memiliki nilai religi yang luhur, sakral, serta khidmat. Menurutnya, diselenggarakannya kegiatan ini sebagai upaya Ansor Blitar untuk merawat nilai-nilai Pancasila yang saat ini mulai pupus.


“Kita bangun kembali semangat juang pemuda Indonesia, tangkal perbedaan, saatnya satukan tekad dengan berjalan bersama-sama. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh dan pembelajaran bagi pemuda lainnya,” katanya.


Sementara itu, Mochammad Iqbal Faroidl salah peserta apel mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sangat menginspirasi. Sebab menurutnya, agenda tersebut melibatkan sejumlah organisasi kepemudaan lintas agama dan unsur.


“Saya kira inilah wujud nyata dari realisasi nilai Bhinneka Tunggal Ika yang sesungguhnya,” ungkapnya.


Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatab Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kecamatan Kanigoro ini pun mengapresiasi peran Ansor yang telah memberi ruang bagi generasi muda untuk bersama-sama membangun bangsa.


“Ini merupakan bagian upaya dalam mempertahankan nilai Pancasila, melawan radikalisme dengan menjunjung tinggi nasionalisme, dan menyatukan perbedaan,” tegasnya.


Baginya, kegiatan serupa harus terus dilakukan agar generasi muda mendatang dapat mencontoh dan lebih tangguh dalam menghadapi tantangan zaman. “Mengingat pesan Bung Karno, bahwa generasi muda saat ini sebagai ujung tombak kemajuan bangsa,” imbuhnya.


Diketahui, pelaksanaan Ikrar Kebangsaan elemen pemuda ini dipimpin langsung oleh Ketua PC GP Ansor Kabupaten Blitar. Kegiatan tersebut berlangsung penuh khidmat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat.


Kediri Raya Terbaru