• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Kediri Raya

Gubernur Jatim Ajak Mahasiswa UNU Blitar Adaptif di Era Digital

Gubernur Jatim Ajak Mahasiswa UNU Blitar Adaptif di Era Digital
Wisuda ke-2 UNU Blitar, Sabtu (06/08/2022). (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)
Wisuda ke-2 UNU Blitar, Sabtu (06/08/2022). (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)

Blitar, NU Online Jatim

Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar menggelar Wisuda ke-2 program sarjana 2022, Sabtu (06/08/2022). Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berharap mahasiswa UNU Blitar mampu beradaptasi dan meningkatkan inovasi di era percepatan digital.


Ada 5 kata kunci yang disampaikan Khofifah. Yaitu integritas, adaptif, inovatif, akseleratif, serta progresif. Seain itu, ia menuturkan, wisudawan dan wisudawati harus memiliki peran dengan cara memberikan edukasi di masyarakat.


"Pendidikan dan kualitas harus seimbang, sehingga mampu beradaptasi di era percepatan digital ini," kata Budi Sarwoto Kepala Bakorwil Malang mewakili Khofifah di acara Wisuda UNU Blitar. 


Tidak hanya itu, Khofifah melalui Budi Sarwoto berpesan, lulusan UNU Blitar tahun ini bisa berjejaring dan bersinergi dalam memberikan sumbangsih di lingkup sosial.


"Sebagai bagian masyarakat terpelajar, tentu harus mengutamakan kontribusi dalam upaya menjadi ekstra ordinari," ujarnya.


Karenanya, perguruan tinggi Islam harus mampu mengkaji dan menjadi perekat dari berbagai pandangan keagamaan di Indonesia yang praktis dan idealis.


Dijelaskan, pendidikan harus mampu mengubah dari yang tidak bisa dan tidak mampu menjadi mampu. Makanya, dalam konsep hidup ini ada 2 poin yang perlu diketahui yaitu, belajar dan mengabdi.


"Saya ucapkan selamat atas tercapainya puncak belajar, dan semangat untuk proses mengabdi dalam mewujudkan Indonesia pintar, Indonesia makmur," ungkapnya.


Ia mengajak mahasiswa untuk memberikan dampak positif dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Utamanya dalam menyikapi era teknologi 4.0, segala hal dapat diakses tanpa batas. Serta di Era ini akan menginterupsi  teknologi dan pendidikan.


Ia berharap, dengan terus berinovasi diimbangi niat dan langkah yang baik akan memberikan arti dan makna untuk masyarakat.


Diketahui, acara yang dipusatkan di Hotel Puri Perdana, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar tersebut diikuti oleh 253 wisudawan dan wisudawati dari berbagai program studi (Prodi) dan didampingi wali mahasiswa. 


Turut hadir KH Azizi Hasbullah Rais Syuriyah PBNU, KH Masda'in Rifai Ketua PCNU Kabupaten Blitar, Pemprov Jatim, serta jajaran civitas akademika UNU Blitar.


Editor:

Kediri Raya Terbaru