• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 30 September 2022

Kediri Raya

Juara Nasional, Ini Ragam Fasilitas Perpustakaan Desa di Blitar

Juara Nasional, Ini Ragam Fasilitas Perpustakaan Desa di Blitar
Ruang baca perpustakaan Samudra Pustaka. (Foto: NOJ/Farid).
Ruang baca perpustakaan Samudra Pustaka. (Foto: NOJ/Farid).

Blitar, NU Online Jatim

Dalam ajang perlombaan perpustakaan Desa/ Kelurahan tingkat nasional secara daring beberapa waktu lalu, Kabupaten Blitar berhasil menorehkan penghargaan. Diwakili oleh perpustakaan dari Desa Plosorejo yang bernama Perpustakaan Samudra Pustaka yang memiliki ragam fasilitas untuk menunjang kegiatan literasi.

 

Dalam kompetisi itu Kabupaten Blitar berhasil meraih juara satu tingkat nasional. Tidak hanya mewakili Kabupaten Blitar, Desa Plosorejo juga mewakili Provinsi Jawa Timur pada perlombaan ini.

 

Sebelum beranjak ke tingkat nasional, perpustakaan Desa Plosorejo pernah mendapat berbagai juara dari tingkat kecamatan, kabupaten, hingga provinsi.

 

"Kebetulan kita di tingkat kecamatan juara satu, di tingkat kabupaten juara satu, di tingkat provinsi juara satu. Alhamdulillah tahun ini bisa juara satu tingkat nasional," ungkap Mesji, Wakil Ketua Perpustakaan Samudra Pustaka kepada NU Online Jatim, Rabu (15/09/2021).

 

Perolehan ini tidak lain berkat kerja keras seluruh anggota Samudra Pustaka dan kerja sama dengan beberapa lembaga setempat. Berdiri sejak 2017 tentunya banyak rintangan yang telah mereka hadapi. Mulai dari dicemooh dan kurangnya sarana prasarana. Kini Samudra Pustaka sudah memiliki 9 pojok baca, salah satunya berada di Kampung Coklat.

 

"Kita memiliki 9 pojok baca, salah satunya berada di Kampung Coklat, Sonkoi Farm, tiga lembaga pendidikan, dan ada juga di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar," jelas Mesji.

 

Selain untuk tempat membaca, perpustakaan Samudra Pustaka juga dilengkapi dengan tempat bermain anak, yang tentunya ramah anak.

 

"Di sini juga dilengkapi free wifi, bagi teman-teman yang mau mengembangkan usahanya boleh pinjam wifi di sini," tambahnya.

 

 

Selain ada buku, di Samudra Pustaka juga ada pameran batik dan kerajinan hasil dari praktek setelah membaca buku. Perpustakaan Samudra Pustaka terbuka untuk umum, dari daerah lain pun diperbolehkan untuk berkunjung atau pun untuk meminjam buku.

 

Penulis: Farid Adrian Putra

Editor: Romza


Editor:

Kediri Raya Terbaru