• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Kediri Raya

Kader PMII Diminta Siap Hadapi Arus Perubahan Cepat di Lintas Sektor

Kader PMII Diminta Siap Hadapi Arus Perubahan Cepat di Lintas Sektor
Suasana pembukaan Muspimnas PB PMII di Tulungagung, Kamis (17/11/2022). Foto: istimewa
Suasana pembukaan Muspimnas PB PMII di Tulungagung, Kamis (17/11/2022). Foto: istimewa

Tulungagung, NU Online Jatim

Kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) diminta siap menghadapi arus perubahan cepat di lintas sektor kehidupan. Sebab, saat ini dunia sedang mengalami perubahan besar di seluruh lini.


Hal ini disampaikan Abdul Muhaimin Iskandar, Ketua Majelis Pembina Nasional (Mabinas) Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) saat pembukaan Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) PMII di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, Kamis (17/11/2022).


Menurutnya, setiap tantangan zaman seharusnya dapat dihadapi dengan kesadaran penuh bahwa bangsa Indonesia sedang mengalami arus besar perubahan yang begitu cepat.


“Perubahan besar terjadi di seluruh lini kehidupan. Cara kerja dan cara berpikir kita juga harus mengalami perubahan. Perubahan terjadi di seluruh dunia, maka anak PMII harus siap menghadapi perubahan itu,” kata Wakil Ketua DPR RI yang biasa disapa Gus Muhaimin tersebut.


Ia menyampaikan, tiga puluh tahun yang lalu sistem demokrasi dibangun bangsa Indonesia. Kehadirannya memberikan peran yang cukup penting terhadap dinamika kebangsaan di Indonesia. Agar sistem tersebut memberikan kemaslahatan diperlukan kader-kader bangsa yang beradaptasi dengan perubahan zaman.


“Orde baru 32 tahun rontok karena tidak mampu mengadaptasikan diri terhadap berbagai perubahan. Reformasi yang kita ciptakan yang Insyaallah sistem terbaik yang kita pilih hari ini, harus terus dikritik dievaluasi serta menyesuaikan dengan tantangan perkembangan,” tuturnya.


Sementara itu, Ketua Panitia Muspimnas PMII, Moh Arifin menyampaikan selamat datang kepada para senior dan peserta dari seluruh cabang dan koordinator cabang se-Indonesia. Menurutnya, kehadiran kader-kader PMII merupakan wujud keseriusan dalam menjalankan amanah organisasi.


"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu demi terselenggaranya Muspimnas ini. Terkhusus kepada keluarga besar Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan jajaran panitia yang memberikan energinya demi suksesnya acara ini," ujar Arifin.


Muspimnas merupakan forum yang sangat penting sebagai ijtihad seluruh kader membawa PMII menjadi organisasi semakin baik, maju dan mendunia serta memberikan manfaat secara nyata bagi bangsa indonesia.


Arifin mengatakan, seperti terrtuang dalam AD/ART PMII Bab 14 Pasal 32 bahwa Muspimnas adalah forum tertinggi PMII setelah Kongres yang menghasilkan ketetapan dan peraturan organisasi, serta membahas situasi nasional internal maupun eksternal dan melihat perkembangan kaderisasi dan keorganisasian PMII.


"Melihat begitu pentingnya forum ini, maka jangan sampai kita menjadi kader-kader yang merugi dengan tidak adanya perubahan positif yang kita berikan terhadap PMII," tandasnya.


Untuk diketahui, gelaran Muspimnas PMII ini rencananya akan berlangsung hingga Kamis 24 November 2022 mendatang.


Editor:

Kediri Raya Terbaru