• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Kediri Raya

Sowan Masayikh, HPN Komitmen Majukan Ekonomi Umat

Sowan Masayikh, HPN Komitmen Majukan Ekonomi Umat
DPP HPN saat sowan ke masayikh KH Anwar Iskandar. (Foto: NOJ/ ISt)
DPP HPN saat sowan ke masayikh KH Anwar Iskandar. (Foto: NOJ/ ISt)

Kediri, NU Online Jatim
Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) mendatangi Pondok Pesantren Al Amien, Ngasinan, Kediri, Selasa (21/06/2022). Para pengurus hasil formatur Dewan Pengurus Pusat (DPP) HPN ini bersilaturahim kepada pengasuh pesantren setempat KH Anwar Iskandar yang juga Ketua Dewan Pembina DPP HPN.


Rombongan tersebut dipimpin Ketua Umum DPP HPN Dede Supriyadi Arief dan Sekjen DPP HPN Syahril Albar Bafagih. Turut serta dalam agenda tersebut Wakil Ketua Umum A Rafiq Abdillah dan Fahmi, serta Bendahara Umum H Sabilillah Ardie.


“Ini merupakan amanat dari konferensi nasional HPN di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Bahwa, hasil formatur dalam menyusun kepengurusan DPP HPN diserahkan ke Ketua Dewan Pembina untuk mendapat masukan dan koreksi,” kata Syahril Albar Bafagih.


Syahril mengatakan, HPN pada masa kepengurusan ini berkomitmen untuk menyejahterakan warga Nahdliyin. Sehingga kehadiran HPN dapat menjadi solusi dalam peningkatan ekonomi umat.


“Komitmen kami jelas untuk memajukan ekonomi umat, khususnya warga NU,” imbuh Syahril.


Kedatangan para saudagar dari berbagai daerah seperti Jakarta, Banten, Sulawesi, dan Blitar ini disambut hangat oleh Kiai Anwar Mansur. Ia mengatakan, perlu perjuangan ekstra untuk mengikat dan berkumpulnya banyak pengusaha Nahdliyin.


Menurutnya, jumlah pengusaha Nahdliyin sangat banyak bahkan berada dalam taraf mayoritas. Namun demikian, dalam peningkatan ekonomi masih dalam tahap minoritas. Oleh karena itu, perlu dilakukan perjuangan untuk berkumpul dan membawa manfaat bagi perekonomian umat.


“Siapa yang memperjuangkan mustadh'afin (kaum yang lemah) siapa lagi kalau bukan dari kita, para pengusaha ini,” ungkap Kiai Anwar Iskandar yang juga Wakil Rais Aam PBNU ini.


Kiai Anwar Iskandar melanjutkan, bahwa cikal bakal berdirinya NU berasal dari berdirinya Nahdlatul Tujjar atau kebangkitan para saudagar, yang didukung para intelektual yang tergabung dalam Taswirul Afkar.


“Nah, untuk mengikat rasa nasionalisme dengan bela negara, maka dibentuklah Nahdlatul Wathan. Dari sinilah akhirnya terbentuk Nahdlatul Ulama,” ungkapnya.


Dalam silaturahim tersebut, pengurus DPP HPN juga menyampaikan rencana Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPP HPN dan Halaqah Ekonomi yang direncanakan dipusatkan di Surabaya dan Kediri pada 14 Juli 2022 mendatang.


Kediri Raya Terbaru