• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Keislaman

Doa saat Masuk Masjid

Doa saat Masuk Masjid
Saat memasuiki masjid disarankan terlebih dahulu untuk membaca doa. (Foto: NOJ/NKt)
Saat memasuiki masjid disarankan terlebih dahulu untuk membaca doa. (Foto: NOJ/NKt)

Salah satu bangunan yang demikian dimuliakan di muka bumi adalah masjid. Karenanya, kala akan beribadah di rumah Allah SWT tersebut hendaknya terlebih dahulu diawali dengan membaca doa. Hal tersebut juga sebagai bentuk penghormatan dan komitmen untuk melakukan ibadah terbaik selama di masjid.


Masjid bisa jadi gudang kebaikan dan lautan ampunan untuk mereka yang memasukinya. Akan tetapi, keberadaan rumah ibadah ini bisa menyumbangkan dosa untuk mereka yang melanggar etika di dalamnya seperti menyebarkan kebencian dan kemunkaran lainnya di masjid.


Berikut ini doa yang sebaiknya dibaca saat hendak memasuki masjid agar Allah membimbing perilaku kita saat di dalam dan di luar masjid. Kita juga dianjurkan memasukinya dengan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu. 


أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ


A‘ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba rahmatik.


Artinya: Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Buka lah bagiku segala pintu rahmat-Mu. (Lihat: Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta). 

 

Artikel diambil dariDoa Lengkap Masuk Masjid


Dan diharapkan selama di masjid menjaga keamanan, kebersihan dan kekhusyuan. Dengan demikian keberadaan diri tidak mengganggu jamaah lain yang bertujuan bwrtakarrub kepada Allah SWT.


Keislaman Terbaru