• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Keislaman

Doa yang Disarankan agar Mudah Tidur

Doa yang Disarankan agar Mudah Tidur
Rasulullah mengajarkan doa yang bisa dibaca saat merasa susah untuk tidur. (Foto: NOJ/MKr)
Rasulullah mengajarkan doa yang bisa dibaca saat merasa susah untuk tidur. (Foto: NOJ/MKr)

Dalam sebuah keterangan disebutkan bahwa istirahat terbaik adalah tidur. Dengan demikian, sebagian besar organ tubuh akan istirahat setelah digunakan untuk berkegiatan seharian. Akan tetapi, tidak semua orang dapat dengan mudah untuk tidur, sebagian malah merasa susah, sehingga melakukan beragam cara agar bisa tidur.


Dalam suasana seperti itu, ada banyak hal yang dapat dilakukan agar bisa segera tidur. Karena bila terus ditunda, maka dapat berpengaruh kepada kondisi fisik. Tidak sedikit yang akhirnya sakit lantaran tidak bisa segera dapat tidur. Dengan demikian, bisa tidur merupakan kurnia yang demikian mahal.


Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW. Menurutnya, saat itu dirinya merasa tidak bisa tidur. Bujang Rasulullah SAW ini hanya tergolek di pembaringan dalam keadaan jaga. Ia gelisah. Pikiran dan batinnya mengembara kian kemari. 


Dalam suasan seperti itu, Rasulullah SAW mengajarinya doa yang dapat mengatasi kesulitan tidur karena gelisah. Inilah doanya dan tentu saja bisa dilakukan atau diamalkan oleh kita, umatnya. 


 اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِ


Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî. 


Artinya: Tuhanku, bintang-bintang telah ‘tenggelam’, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba. 


Zaid pun mengikuti anjuran Rasulullah dengan memperbanyak doa tersebut. Harapannya, dengan membaca doa itu diberikan kemudahan untuk istirahat atau tidur.

 


“Alhamdulillah, Allah hilangkan kegelisahan yang kuhadapi jelang istirahat di tempat tidur,” kata Zaid. 


Perlu diketahui bahwa doa ini dicantumkan oleh Imam an-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkar. Dengan demikian, dapat diamalkan dalam suasana hati dan pikiran tengah kalut yang ujungnya membuat susah untuk tidur.


Keislaman Terbaru