• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 9 Desember 2022

Keislaman

Sejumlah Amalan yang Disarankan setelah Shalat Jumat

Sejumlah Amalan yang Disarankan setelah Shalat Jumat
Ada sejumlah amalan Nahdliyin usai shalat Jumat dan itu berdasarkan hadits. (Foto: N OJ/NU Network)
Ada sejumlah amalan Nahdliyin usai shalat Jumat dan itu berdasarkan hadits. (Foto: N OJ/NU Network)

Di sejumlah masjid utamanya milik warga Nahdlatul Ulama, ada beberapa kebiasaan usai shalat Jumat digelar. Dari membaca dzikir, serta amalan khusus yang tidak didapat di masjid lain. Lantas, apakah ada panduan dari sejumlah amalan yang dilakukan tersebut?  


Dzikir merupakan anjuran dari Allah SWT yang dapat dilaksanakan kapan dan di manapun (tidak mengenal situasi dan kondisi), hal ini sesuai dengan salah satu firman-Nya yang artinya kurang lebih: Wahai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (ingatlah) kalian kepada Allah sebanyak-banyaknya. (surat Al-Ahzab). 


Tidak terhitung jumlah karya ulama yang menjelaskan tentang masalah dzikir dan keutamaannya. Di antara karya tersebut adalah Al-Adzkar yang disusun oleh Yahya bin Syaraf an-Nawawi. Kitab ini  banyak dikaji di berbagai pesantren NU. Dalam karya ini pula terdapat referensi sebagai jawaban atas pertanyaan sebagian kalangan terkait amalan setelah shalat Jumat. Dijelaskan sebagai berikut: 


عن عائشة رضي الله عنها ، قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " من قرأ بعد صلاة الجمعة : قل هو الله أحد ، وقل أعوذ برب الفلق ،وقل أعوذ برب الناس ، سبع مرات ، أعاذه الله عز وجل بها من السوء إلى الجمعة الأخرى     


Artinya:  Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anha berkata: Rasulullah bersabda: Barang siapa yang membaca (setelah shalat Jumat) surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas sebanyak tujuh kali, Allah akan mengindarkannya dari keburukan (kejahatan) sampai Jumat berikutnya. 


Referensi ini sekaligus menjawab pertanyaan sejumlah kalangan yang cenderuing meragukan amaliah yang menjadi ciri khas masjid Nahdliyin. 


Demikian pula ada kebiasaan membaca syair Abu Nawas setelah shalat Jumat. Hal ini rujukannya adalah dari kitab Bughyah al-Mustarsyidin.

 

Artikel diambil dariAmalan Setelah Shalat Jum’at

 

Dengan demikian, warga NU diharapkan dan sudah selayaknya memiliki keyakinan yang kukuh terhadao amaliah yang telah dilakukan selama ini. Apalagi ada hadits yang membenarkan hal tersebut. Wallahu a'alam.
 


Keislaman Terbaru