• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Madura

5 Pesantren yang Direkomendasikan untuk Calon Mahasiswa UTM Bangkalan

5 Pesantren yang Direkomendasikan untuk Calon Mahasiswa UTM Bangkalan
Salah satu pesantren yang direkomendasikan bagi calon Mahasiswa UTM Bangkalan. Foto: istimewa
Salah satu pesantren yang direkomendasikan bagi calon Mahasiswa UTM Bangkalan. Foto: istimewa

Bangkalan, NU Online Jatim

Bagi Anda yang ingin menempuh pendidikan di Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Madura bisa mempertimbangkan beberapa pesantren mahasiswa sebagai pilihan tempat belajar. Khususnya bagi Anda yang tidak ingin meninggalkan rutinitas belajar pendidikan agama.


Berikut ini adalah pesantren yang direkomendasikan bagi Anda. Lokasinya tidak jauh dari UTM, dan rata-rata jarakya sekitar 1-2 kilometer.

 
  1. Pondok pesantren al-Qur’an al - Mashduqie

Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Mashduqie adalah lembaga yang memiliki program khusus di bidang Tahfidz Al-Qur’an. Alamatnya ada di Jl Drs KH Mashdqie Fadly No 1-2 Telang, Kamal. Sebagai pesantren Al-Qur’an, kegiatannya pun lebih banyak diisi dengan menghafal dan mempelajari Al-Qur’an.


Pesantren ini memiliki kegiatan rutin Tahfidz Al-Qur’an, sorogan Al-Qur’an, halaqoh Al-Qur’an, dan kajian kitab kuning. Selain itu, di pesantren ini juga ada program ekstra kursus bahasa Inggris, bahasa Arab, shalawat al-banjari, kaligrafi dan tilawah.

 
  1. Pondok pesantren mahasiswa tebuh falah

Pesantren ini didirikan pada tanggal 1 Rabiul Awal 1430 Hijriyah/26 Februari 2009 Masehi. Di bawah kepengasuhan KH Mohamad Djasuli, Pesantren Mahasiswa Tebu Falah berikhtiar untuk menggabungkan nilai-nilai perguruan tinggi dan pesantren. Tujuannya agar ilmu pengetahuan dan teknologi dapat berjalan sejajar dengan moral dan ilmu agama.


Kegiatan di Pondok Pesantren Tebu Falah tidak jauh berbeda dari pesantren pada umumnya. Sebagaimana pesantren, ada kegiatan sholat berjamaah, dirasah pagi, tadarus Al-Qur’an, pembacaan istighotsah, yasin dan tahlil, hingga kajian tafsir Al – Qur’an.


Di tempat ini juga ada kegiatan ro’an atau bersih-bersih bersama ala pesantren, ada juga english study, lomba kebersihan dan musabaqah hifdzul qur’an.

 
  1. Pesantren mahasiswa al-kayyis

Pesantren mahasiswa al-kayyis hanya berjarak 500 meter sebelah barat dari kampus UTM. Pesantren ini berada di bawah kepengasuhan Prof Dr H Mohammad Nizarul Alim.


Pesantren ini mengajari santrinya dasar-dasar keislaman melalui kitab aqidatul awam, kitab mafahim, bidayatul hidayah, serta mempelajari tafsir Al – Qur’an. Sebagian pengajar di sini juga merupakan alumni yang pernah belajar kepada Abuya As-Sayyid Muhammad Ibn Alawi Al-Maliki, Makkah Al-Mukarromah.


Kegiatan rutin yang dilaksanakan di Pesantren Mahasiswa Al – Kayyis meliputi halaqah kitab, Majelis al-Qur’an, Majelis bahasa arab, Maulid diba’, Majelis ahad dhuha (mahad), Dzikir jama’i, Rotibul hadad dan rotib al athos serta tahlil.


 

  1. Pondok pesantren mahasiswa darul asmail husna

Pondok Pesantren Mahasiswa Darul Asmail Husna terletak di Jalan Raya Telang No 1 Kamal Bangkalan. Pesantren ini memiliki program Tahfidz Al-Qur’an yang meliputi, ziyadah Al-Qur’an, murajaah dan musabaqah hifdzil qur’an.


Di sini juga mempelajari metode membaca kitab kuning melalui Kitab Jurumiyah dan Imriti. Kegiatan yang rutin dilakukan adalah tahlilan, muroqobah subuh, fasohah, maulid diba’, bayanul qutub, dan sholat dhuha.

 
  1. Pondok pesantren darut thalibin

Pondok Pesantren Darut Thalibin memiliki beberapa program kajian meliputi kajian tematik tafsir, fiqih, dan akhlak. Di sini juga tersedia pelatihan softskill bahasa arab dan bahasa inggris. Pondok Pesantren Darut Thalibin terletak di Jalan Masjid Telang Indah No 15-16 Kamal.


Untuk biaya SPP bulanan di pesantren-pesantren di atas dipatok mulai dari Rp150-350 ribu per bulan. Biaya ini sudah meliputi fasilitas kamar, kasur, lemari, dapur umum, kamar mandi, dan sebagian besar sudah dilengkapi dengan wifi.


Editor:

Madura Terbaru