• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Madura

DPC ISSITA Sumenep Komitmen Majukan Pariwisata dan Indonesia Emas

DPC ISSITA Sumenep Komitmen Majukan Pariwisata dan Indonesia Emas
Prosesi penyerahan pataka dan pelantikan DPC ISSITA Sumenep di Taman Tectona, Batuan, Sumenep, Ahad (19/05/2024). (Foto: NOJ/ ISt)
Prosesi penyerahan pataka dan pelantikan DPC ISSITA Sumenep di Taman Tectona, Batuan, Sumenep, Ahad (19/05/2024). (Foto: NOJ/ ISt)

Sumenep, NU Online Jatim

Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Indonesia Sport and Special Interest Tourism Association (ISSITA) Sumenep menggelar pelantikan di Taman Tectona, Batuan, Sumenep, Ahad (19/05/2024). Mereka berkomitmen untuk memajukan sektor pariwisata demi mewujudkan Indonesia emas.

 

ISSITA atau Asosiasi Wisata Olahraga dan Minat Khusus Indonesia merupakan organisasi di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). DPC ISSITA Sumenep merupakan kepengurusan pertama tingkat kabupaten di Indonesia.

 

"DPC ISSITA Sumenep ini pertama di Jatim dan di Indonesia. Organisasi yang dilahirkan oleh Kemenparekraf ini demi mewujudkan Indonesia emas 2045,” ujar Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) ISSITA Jatim, Rony Chandra.

 

Ia mengaku optimis ISSITA Sumenep dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk pengembangan pariwisata di Sumenep. “Sebab, ini selaras dengan tujuan adanya ISSITA yakni untuk memajukan sektor pariwisata, khususnya wisata olahraga dan minat khusus,” ucapnya.

 

Dirinya pun meminta agar pengurus yang dilantik dapat menjalin kerja sama dan sinergi dengan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah setempat. Hal ini penting demi pengembangan wisata dan program-program lain yang dapat menarik wisatawan.

 

“Kami berharap DPC ISSITA Sumenep dapat bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk membangun Sumenep sebagai destinasi wisata yang menarik dan berkelanjutan," katanya.

 

Sementara Ketua DPC ISSITA Sumenep, Naghfir mengatakan bahwa pihaknya bertekad akan menjadikan Sumenep sebagai episentrum wisata dunia. Sebab, potensi yang dimiliki kabupaten berjuluk Kota Keris ini sangat besar.

 

"Kami bertekad untuk menjadikan Sumenep sebagai episentrum wisata dunia. Ada Giliyang, oksigennya nomor dua di dunia. Maka di Sumenep harus ada ISSITA, untuk memberikan kontribusi kepada daerah, memajukan sektor pariwisata, dan mendongkrak perekonomian melalui UMKM dari hulu ke hilir," ungkapnya.

 

Diketahui, momen pelantikan ini juga dikemas dengan ragam pertunjukan seni budaya, termasuk pelepasan burung merpati. Acara pelantikan ini dihadiri Forkopimda Sumenep, Disbudporapar, OPD, pelaku industri pariwisata dan UMKM, serta sejumlah instansi terkait.

 

ISSITA merupakan organisasi nirlaba yang didirikan sejak 19 Juli 2023. Berdasarkan SK Menkumham: Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor AHU - 0006300.AH.01.07. Tahun 2023.


Madura Terbaru