• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 18 April 2025

Madura

Gathering Ramadhan, Ketua LP Ma'arif NU Bangkalan Ulas Literasi dan Nilai Akademik

Gathering Ramadhan, Ketua LP Ma'arif NU Bangkalan Ulas Literasi dan Nilai Akademik
Ketua PC LP Ma'arif NU Bangkalan, Moh Hafidz (tengah) saat memberikan ulasan di acara gathering ramadhan 2. (Foto: NOJ/tangkapan layar YouTube NUBA TV)
Ketua PC LP Ma'arif NU Bangkalan, Moh Hafidz (tengah) saat memberikan ulasan di acara gathering ramadhan 2. (Foto: NOJ/tangkapan layar YouTube NUBA TV)

Bangkalan, NU Online Jatim 

Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) Bangkalan, Moh Hafidz menyampaikan, kajian-kajian literasi saat ini banyak dipengaruhi oleh Eropa. Bagaimana literasi itu diinstitusionalkan? Siapa yang berhak mendefinisikan tentang literasi, maka dia yang akan mendominasi tentang literasi itu sendiri.


Hal ini disampaikannya saat acara Gathering Ramadhan 2 yang diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama IPNU dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Bangkalan bertajuk 'Pentingnya Nilai-nilai Akademik dan Spiritual di Lembaga Pendidikan' di The Sky Cafe Bangkalan pada Ahad (16/03/2025).


"Nilai akademik dalam literasi yaitu critical thinking atau berpikir kritis. Ketika dosen memberikan penjelasan yang penting di share di grup, ternyata mahasiswa itu bisa mengevaluasi tentang langkah-langkah kegiatan serta konten-konten yang diberikan, itu sudah ada nilai akademiknya," ujarnya.


Menurutnya, selama materi-materi perkuliahan itu dikomunikasikan dengan mahasiswa, sedangkan mahasiswa itu paham tentang materi-materi yang disampaikan oleh dosen, itu sudah termasuk nilai akademik yang dibangun oleh dosen. 


"Dalam dunia akademik perlu mempunyai tanggung jawab yang besar, baik itu dosen maupun mahasiswa. Karena nilai-nilai akademik kalo tidak dikembangkan dalam lembaga pendidikan mulai dari bawah hingga ke atas sangat mengiriskan," terangnya.


Hafidz menjelaskan, ketika dosen menyampaikan sesuatu dianggap salah, dampaknya mempersempit pola berfikir. Artinya jika nilai-nilai akademik masih memunculkan justifikasi, maka perlu ditingkatkan lagi budaya-budaya akademik sehingga banyak perspektif antara dosen dan mahasiswa. 


"Perlunya perspektif itu untuk meningkatkan budaya akademik, bukan budaya saling menyalahkan, sehingga proses keilmuan ini akan terus berkembang. Generasi yang relevan itu generasi yang selalu mementingkan akademik sebagai prioritas dan spiritualitas," pungkasnya.


Madura Terbaru