• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 27 Januari 2022

Madura

IPNU-IPPNU di Bangkalan Diingatkan Banyak Hal yang Layak Ditulis

IPNU-IPPNU di Bangkalan Diingatkan Banyak Hal yang Layak Ditulis
Penyampaian materi pada pekan literasi PAC IPNU-IPPNU Kokop, Bangkalan. (Foto: NOJ/Sa'dullah)
Penyampaian materi pada pekan literasi PAC IPNU-IPPNU Kokop, Bangkalan. (Foto: NOJ/Sa'dullah)

Bangkalan, NU Online Jatim 

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan menggelar pelatihan kepenulisan.

 

Kegiatan ini mengambil tema ‘Rekonstruksi Pelajar Literalis Menyongsong Peradaban Organisasi’ yang disebut dengan pekan literasi. Acara diisi oleh Aminullah, diikuti puluhan peserta dan dipusatkan di di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kokop, Ahad (03/10/2021).

 

“Banyak hal tentang dunia kepenulisan khususnya dalam menulis berita dan artikel mulai dari straight news, opinion news, hingga investigasition news,” kata Amanullah. 

 

Karena itu, dirinya mengingatkan bahwa banyak hal yang sebenarnya dapat ditulis oleh kader muda, termasuk yang tergabung dalam IPNU dan IPPNU. Apalagi piranti pendukung atas hal tersebut juga sangat mendukung.

 

Selama kegiatan, peserta tidak hanya dibekali teori yang diajarkan dalam pekan literasi ini. Melainkan mereka juga diberi kesempatan praktik secara langsung selama kegiatan berlangsung sehingga seluruh peserta bisa menulis. Dengan demikian kemampuannya semain terasah.

 

“Jika ingin menjadi orang besar, jadilah penulis karena keberadaanya masih minim khususnya di Bangkalan,” pesannya.

 

Muhammad Ruji selaku Wakil Ketua Bidang Kaderisasi PAC IPNU IPPNU Kokop berharap kegiatan bisa melahirkan kader yang andal dalam bidang kepenulisan. Apalagi realitanya, kader yang masuk kriteria tersebut masih minim.

 

"Semoga dengan adanya pekan literasi ini bisa melahirkan kader penulis andal yang bisa mewarnai dunia literasi di Bangkalan," ungkap Razy tersebut.

 

Penulis: Sa'dullah

Keterangan foto :


Editor:

Madura Terbaru