• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Madura

MWCNU Kepulauan di Sumenep Dilantik, Diingatkan Pesan Mbah Hasyim

MWCNU Kepulauan di Sumenep Dilantik, Diingatkan Pesan Mbah Hasyim
Prosesi pelantikan MWCNU Nonggunong, Kepulauan Sapudi, Sumenep. (Foto: NOJ/ Firdausi)
Prosesi pelantikan MWCNU Nonggunong, Kepulauan Sapudi, Sumenep. (Foto: NOJ/ Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Nonggunong Kepulauan Sapudi, Sumenep, resmi dilantik. Pelantikan tersebut dilakukan di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Zainur Ridla, Nonggunong, Sumenep, Kamis (11/11) malam.

 

Acara dihadiri oleh KHR Ainul Yaqin bin Moh Cholil As'ad Syamsul Arifin, cucu sang mediator berdirinya NU atau Pengasuh Pondok Pesantren Wali Songo Situbondo. Hadir pula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan seluruh Pengurus Ranting NU, Pimpinan Badan Otonom NU se-Kecamatan Nonggunong, serta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) setempat.

 

Wakil Ketua PCNU Sumenep, Moh Halili berharap kepada semua pengurus terlantik tidak hanya berjanji melalui kata-kata. Namun juga aktif dan menjalankan program dan mengamalkan segala amaliyah Ahlussunnah wal Jamaah.

 

"Kerjakan dan laksanakan amanah ini sebaik-baiknya. Jaga akidah Aswaja An-Nahdliyah," harapnya.

 

Alumni Pondok Pesantren Nurul Islam Karangcempaka Bluto itu menyampaikan pesan Hadratussyaik KH M Hasyim Asy'ari, bahwa Siapa yang mengurusi NU, dia adalah santriku.

 

“Walaupun bukan pengurus struktural tapi hanya NU kultural, jika memang benar-benar mengurusi  NU maka Mbah Hasyim akan mengakui santrinya," tutur alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo itu.

 

Sementara itu, Ketua MWCNU Nonggunong menyampaikan, pelantikan saat ini adalah pengesahan secara struktural. Meskipun senyatanya secara kultural sudah dilantik dan disaksikan oleh Allah SWT.

 

"Semoga dengan pelantikan ini kita dapat berkhidmat untuk kepentingan NU dan melestarikan amaliyahnya, memperkokoh fikrah dan harakah ke-NU-an," ungkapnya.

 

Disamping itu, ia berharap pada seluruh pengurus untuk bersungguh-sungguh mengemban amanah dengan baik dan ikhlas mengabdi. Menurutnya, amanah tersebut merupakan ladang pengabdian kepada NU dan ulama.

 

“Karena dengan menjaga dan merawat NU, kita mendapatkan barakahnya KHR As'ad Syamsul Arifin sebagai mediator berdirinya NU, serta muassis NU lainnya," tandasnya.

 

Diketahui, acara tersebut diawali dengan pembacaan tahlil yang dipimpin langsung oleh Habib Abdullah bin Muhammad Al-Maghrabi dari Situbondo. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) oleh Sekretaris PCNU Sumenep, Zainul Hasan. Sedang pembaitan dilakukan oleh Wakil Ketua PCNU Sumenep, Ach Subairi Karim.

 

Acara ini juga diisi dengan shalawat Nabi guna memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang dipimpin oleh KHR Ainul Yaqin, sekaligus juga memberikan mauidhoh hasanah.


Madura Terbaru