• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Madura

PCNU Sumenep Lakukan Silaturahim dan Rihlah Ilmiah ke Sidoarjo

PCNU Sumenep Lakukan Silaturahim dan Rihlah Ilmiah ke Sidoarjo
Silaturahim dan Rihlah Ilmiah PCNU Sumenep ke PCNU Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Moh Khoirus Shadiqin)
Silaturahim dan Rihlah Ilmiah PCNU Sumenep ke PCNU Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Moh Khoirus Shadiqin)

Sumenep, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sumenep melaksanakan silaturahim dan rihlah ilmiah ke PCNU Sidoarjo. Kegiatan itu dipusatkan di Aula Kantor PCNU Sidoarjo, Ahad (27/11/2022).


Ketua PCNU Sumenep, KH A Pandji Taufiq mengatakan, kedatangan PCNU Sumenep ke PCNU Sidoarjo tidak hanya sebatas rihlah ilmiah, namun juga rihlah rohani dan rihlah sanad. Sebab, sejak dulu kiai di Sumenep sudah banyak tahu dan mengenal pondok pesantren di Sidoarjo.


"Kami ke Sidoarjo tidak hanya rihlah ilmiah, tetapi juga rihlah rohani dan rihlah sanad. Karena mbah buyut kami pemangku pesantren yang sudah sepuh rujukan ilmiahnya ke Pondok Siwalanpanji Sidoarjo," katanya.


Kiai Pandji mengaku sangat kagum terhadap PCNU Sidoarjo yang sudah banyak menorehkan prestasi di bidang keorganisasian. Maka dengan prestasi yang sangat luar biasa itu, PCNU Sumenep ingin banyak belajar tentang pengelolaan organisasi, terutama dibidang pendidikan dan kesehatan.


"Masak cuma Sidoarjo yang punya Unusida, Sumenep tidak. Jadi, itu juga tugas Sidoarjo agar Sumenep juga memiliki perguruan tinggi dan rumah sakit. Kami juga ingin menyempurnakan tugas-tugas pengabdian untuk masyarakat Sumenep," ujarnya.


Alumni Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep itu berharap, agar silaturahim antara PCNU Sumenep dan PCNU Sidoarjo terus terjaga dan terjalin erat, tidak hanya dicukupkan dalam agenda tersebut.


"Mungkin tidak cukup bertemu sekarang, kita perlu ada rihlah-rihlah berikutnya supaya PCNU Sumenep dapat memperoleh banyak ilmu dari Sidoarjo," pungkasnya.


Diketahui, kegiatan tersebut diikuti oleh pengurus harian syuriyah dan tanfidziyah PCNU Sumenep yang dipimpin oleh Rais PCNU Sumenep KH Hafidzi Syarbini. Selain itu, turut terlibat pula perwakilan pengurus lembaga dan pimpinan badan otonom NU Sumenep.


Kedatangan rombongan PCNU Sumenep tersebut disambut hangat oleh elemen pengurus PCNU Sidoarjo. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Rais dan Katib PCNU Sidoarjo, Ketua dan Sekretaris PCNU Sidoarjo, serta unsur pengurus lainnya.


Madura Terbaru