• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Malang Raya

Dikukuhkan, MWCNU Lowokwaru Diingatkan 4 Peran Strategis Organisasi

Dikukuhkan, MWCNU Lowokwaru Diingatkan 4 Peran Strategis Organisasi
Prosesi pengukuhan pengurus dan lembaga di MWCNU Lowokwaru, Kota Malang. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)
Prosesi pengukuhan pengurus dan lembaga di MWCNU Lowokwaru, Kota Malang. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)

Malang, NU Online Jatim

Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) beserta belasan lembaga NU Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang masa khidmat 2023-2028 resmi dikukuhkan, Ahad (19/03/2023).


Kegiatan ini sekaligus Musyawarah Kerja (Musker) bertajuk ‘Berkhidmat, Bergerak dan Maju untuk Kemaslahatan Umat’ ini dihelat di Sabah House, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.


Ketua Tanfidziyah MWCNU Lowokwaru, KH Zainal Arifin menyampaikan, pengurus dan lembaga NU harus senantiasa bergerak bersama memantapkan pelayanan pada umat.


"Harus siap berjuang dan mengabdi dengan sungguh-sungguh demi kemandirian serta marwah organisasi," ucapnya.


Pendiri Majelis Waqi'ah Indonesia tersebut menyebutkan, setidaknya terdapat empat peran strategis yang harus diimplementasikan selama estafet kepengurusan baru ini berjalan.


Pertama, optimalisasi pendataan warga NU, sebab sensus warga NU merupakan tanggung jawab pengurus NU dari semua tingkatan sebagai upaya pengembangan organisasi dengan program yang lebih menyentuh warga NU, baik struktural maupun kultural secara langsung.


“Data keanggotaan yang faktual dan lengkap dengan potensinya menjadi dasar mengetahui latar belakang pendidikan, kaderisasi dan hal lain terkait Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki NU, tentu ini untuk memaksimalkan potensi jamaah NU," jelasnya.


Kedua, terkait pengadaan gedung kantor MWCNU Lowokwaru yang sejauh ini sudah mencapai beberapa persen. Gedung yang terletak di Jalan Candi Panggung no. 56 ini rencananya siap ditempati tahun ini.


"Pembangunan secara fisik menjadi penting agar semua merasa memiliki NU," terangnya.


Sementara yang ketiga, Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (maliki) Malang tersebut menjelaskan terkait upaya penguatan ekonomi menuju kemandirian organisasi. Beberapa upaya yang dapat dilakukan di antaranya bersinergi dengan beberapa pihak dan mengadakan pembinaan terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).


"Ekonomi yang kuat dapat mengantarkan organisasi untuk dapat membantu umat dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, sosial dan lain-lain," paparnya.


Keempat, optimalisasi peran seluruh pengurus dalam menjalankan amanah, pihaknya mengingatkan agar para pengurus terus semangat sehingga kepengurusan di MWCNU Lowokwaru dapat menjadi MWCNU percontohan.


"Hal ini merupakan bentuk fastabiqul khairat atau berlomba dalam kebaikan sebagai manifestasi khidmat pada umat," pungkasnya.


Malang Raya Terbaru