• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Malang Raya

JQH Malang Raya Gelar Qiraah Coaching Clinic bareng Qari Internasional

JQH Malang Raya Gelar Qiraah Coaching Clinic bareng Qari Internasional
Kegiatan Qira'ah Coaching Clinic bersama Qari Internasional oleh JQH Malang Raya. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)
Kegiatan Qira'ah Coaching Clinic bersama Qari Internasional oleh JQH Malang Raya. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim
Jam'iyyatul Qurra' wal Huffadz (JQH) Malang Raya bersama Masjid Sabilillah menggelar Qira'ah Coaching Clinic bersama Qari Internasional KH Mu'min Aenul Mubarok. Kegiatan dipusatkan di Auditorium KH Masjkur, Masjid Sabilillah, Malang, Selasa (19/04/2022) sore.


"Dalam rangka memeriahkan Nuzulul Qur'an, kita mengundang Qari' Internasional untuk memotivasi Qari' Malang Raya dengan berbagi kisah inspiratif," kata Gus Muhammad Hasyim, Ketua Pelaksana kegiatan tersebut kepada NU Online Jatim.


Pria yang juga pengurus JQHNU Kabupaten Malang tersebut menjelaskan, bahwa peringatan Nuzulul Qur'an sebelumnya rutin diadakan oleh Masjid Sabilillah. Namun, di tahun 2020 ditiadakan lantaran Pandemi Covid-19.


"Di tahun ini kami tak hanya memperingati Lailatul Qira’ah, namun juga mengadakan Qira’ah Coaching Clinic serta gebyar vaksinasi," imbuh pengurus Bagian Ubudiyah Masjid Sabilillah tersebut.


Gus Hasyim berharap, kegiatan tersebut dapat berdampak positif dan memotivasi qari’ dan qari’ah yang ada di Malang Raya. “Minimal memotivasi mereka untuk terus berlatih. Karena untuk sukses seperti Kiai Mu'min tidaklah mudah. Diperlukan proses panjang dan pantang menyerah," imbuhnya.


Sementara itu, KH Mu'min Aenul Mubarok menyampaikan, bahwa untuk menjadi orang yang sukses dalam bacaan Al-Qur'an tentunya harus menguasai ilmu tajwid, lagu, suara, serta fashohahnya.


"Belajarnya harus terus menerus, jangan seperti qari’ musiman, kalau mau MTQ baru belajar. Karena sejatinya belajar itu ukurannya bukan MTQ, tetapi harus terus menerus secara alamiah," tuturnya.


Kiai Mu'min juga memberikan tips agar suara tetap baik dalam melantunkan lagu-lagu Al-Qur'an. Disebutkan, bahwa kesabaran dan berlatih secara istiqamah menjadi bagian kunci dari tips tersebut.


"Suara itu ibarat golok, kalau lama tidak diasah dan tidak dipakai maka akan tumpul. Begitu pula Qira'atul Qur'an, kalau tidak diasah dan dilatih maka keindahan suara akan berbeda pula," jelas Qari’ asal Tasikmalaya tersebut.


Dari pantauan NU Online Jatim, Qira’ah Coaching Clinic ini diikuti oleh Qari’ Malang Raya, delegasi Pondok Pesantren, termasuk Pondok Mahasiswa di Malang. Bahkan turut hadir pula Muhibbin Al-Qur'an dari Kabupaten Pamekasan.


Sebagai informasi, kegiatan ini dirangkai dengan Lailatul Qira’ah di Masjid Sabilillah serta gebyar vaksinasi di halaman Masjid Sabilillah selepas Shalat Tarawih.


Malang Raya Terbaru