• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 13 Agustus 2022

Malang Raya

Komitmen Majelis Alumni IPNU-IPPNU Kota Batu untuk Kader Aktif

Komitmen Majelis Alumni IPNU-IPPNU Kota Batu untuk Kader Aktif
Halal Bihalal dan Temu Alumni IPNU IPPNU Kota Batu (Foto: NOJ/ Zaiyana Nur Ashfiya)
Halal Bihalal dan Temu Alumni IPNU IPPNU Kota Batu (Foto: NOJ/ Zaiyana Nur Ashfiya)

Batu, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Batu menggelar halal bihalal dan temu alumni pada Rabu (01/06/2022) sore. Kegiatan ini dipusatkan di Sekolah Alam Ilalang Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu.


Ahmad Jazuli, selaku ketua panitia menuturkan, tujuan dari acara ini adalah menyambung kembali silaturahim antara alumni IPNU-IPPNU dengan kader yang masih aktif. Tidak sedikit dari kader aktif yang belum saling kenal dengan seniornya. Untuk itu, di dalam forum tersebut diharapkan semua kader dapat lebih mengenal satu dengan yang lain serta bertukar pengalaman dari kepengurusan sebelumnya.


“Saya bersyukur karena kader senior dan kader yang saat ini masih aktif dapat berkumpul bersama untuk saling mengenal menjadi satu keluarga,” tuturnya.


Ia menambahkan, adanya majelis alumni adalah sebagai pendukung kegiatan dan juga program dari kepengurusan aktif saat ini. Para alumni berkomitmen untuk memberikan bantuan dalam bentuk materi maupun pemikiran guna mensukseskan kegiatan IPNU-IPPNU di Kota Batu.


“Kami akan saling berkolaborasi bersama supaya IPNU-IPPNU di Kota Batu ini tetap ada. Menghidupkan lagi kepengurusan di ranting ataupun anak cabang yang saat ini mengalami kemandekan. Alhamdulillah kabarnya sudah ada beberapa ranting dan komisariat baru yang terbentuk,” tambahnya.


Dalam kesempatan tersebut juga diceritakan tentang kepengurusan yang lebih awal melaksanakan kegiatan organisasinya. 


Jazuli mengisahkan pelaksanaan kaderisasi seperti Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) dan Latihan Kader Muda (Lakmud) tidak dilakukan dalam dua atau tiga hari langsung selesai, tetapi bisa sampai satu bulan dengan berpindah dari desa ke desa.


“Misalkan materi pertama di Desa Sidomulyo belajar menyanyikan mars IPNU-IPPNU, pindah ke desa lain belajar ke-IPNU-an, ke desa lainnya lagi tentang ke-IPPNU-an, dan seterusnya. Dulu kita keliling dari balai desa satu ke desa yang lain, dan itu tidak ada kendaraan,” ungkapnya.


Banyak pengalaman lain yang juga dibagikan oleh beberapa alumni dalam sharing session yang diberikan. Kegiatan ditutup dengan pembentukan kepengurusan paguyuban majelis alumni yang baru untuk mempermudah koordinasi dan konsolidasi kader IPNU-IPPNU dari masa ke masa.


Editor:

Malang Raya Terbaru