• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Malang Raya

LFNU Kota Malang Siap Berkhidmah Layani Pengukuran Arah Kiblat

LFNU Kota Malang Siap Berkhidmah Layani Pengukuran Arah Kiblat
LFNU Kota Malang saat melakukan pengukuran arah kiblat salah satu perumahan di Kota Malang. (Foto: NOJ/ Istimewa)
LFNU Kota Malang saat melakukan pengukuran arah kiblat salah satu perumahan di Kota Malang. (Foto: NOJ/ Istimewa)

Malang, NU Online Jatim
Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kota Malang menggalakkan pelatihan dan pengukuran arah kiblat. Selain untuk media syiar di tengah masyarakat juga untuk menetapkan arah kiblat secara pasti.


Sekretaris LFNU Kota Malang, Miftahudin Azmi mengungkapkan, kesadaran masyarakat tentang urgensi arah kiblat saat ini sudah mulai tumbuh dengan baik. Oleh sebab itu, LFNU akan selalu siap mengawal masyarakat Kota Malang dalam mengukur arah kiblat yang tepat.


"Salah satu pengukuran arah kiblat yang dilakukan oleh LFNU adalah ketika mengunjungi dan mengukur arah kiblat mushala yang berada di Komplek Perumahan Grand Hill Wonokoyo, Kota Malang," ungkapnya melalui keterangan resminya, Sabtu (13/08/2022).


Pria yang juga Dosen Ilmu Falak UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini mengaku cukup antusias ketika pengembang perumahan turut memperhatikan keabsahan ibadah. Karena penentuan tersebut juga memerlukan ilmu yang mendalam sebagai landasan.


"Ada nilai positif tersendiri ketika tempat publik dilengkapi dengan fasilitas ibadah yang sesuai dengan ketentuan agama," ucapnya.


Menurut Azmi, berbagai literatur fiqih menyebutkan bahwa arah kiblat merupakan salah satu syarat sah dalam melaksanakan shalat. Ia pun mengutip pernyataan Al-Syairazi dalam Al-Muhadzdzab fi Fiqh al-Imam al-Syafi’i yang artinya: "Menghadap kiblat merupakan syarat sah shalat kecuali dalam dua kondisi, yakni ketika kondisi yang sangat berbahaya (perang berkecamuk) dan shalat sunnah yang dikerjakan dalam perjalanan".


“Saya berharap kesadaran semacam ini juga diikuti oleh beberapa pengelola fasilitas umum lainnya. Perkantoran, perhotelan dan yang lainnya diharapkan menyediakan tempat shalat yang arah kiblatnya sudah terverifikasi dengan baik,” harapnya.


Selain melayani pengukuran arah kiblat, LFNU Kota Malang juga mengadakan kegiatan diklat pelatihan pengukuran arah kiblat yang bekerja sama dengan berbagai instansi, semisal dengan Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Malang.


"Adanya kerja sama ini diharapkan akan semakin tumbuh kewajiban bersama dalam menentukan keabsahan tempat ibadah," tuturnya.


LFNU Kota Malang juga berkolaborasi dengan LP Ma'arif NU dengan mengadakan beberapa pelatihan yang bertujuan untuk mencetak generasi muda yang cinta dengan Ilmu Falak. Sebab menurut Azmi, peminat Ilmu Falak di Kota Malang masih belum banyak.


Pihaknya mengimbau masyarakat Kota Malang yang ingin berkonsultasi terkait arah kiblat, jadwal shalat atau awal bulan kalender Hijriyah bisa menghubungi nomor 0822-4468-7432.


"Nomor tersebut bisa dihubungi selama 24 jam. Tujuan kita adalah khidmah kepada umat," pungkasnya.


Malang Raya Terbaru