• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Malang Raya

Poslap NU Peduli Kirim Bantuan pada Korban Banjir Kota Batu

Poslap NU Peduli Kirim Bantuan pada Korban Banjir Kota Batu
Poslap NU Peduli sedang menyalurkan air bersih ke pemukiman warga korban banjir Kota Batu. (Foto: NOJ/ Zaiyana Nur Ashfiya)
Poslap NU Peduli sedang menyalurkan air bersih ke pemukiman warga korban banjir Kota Batu. (Foto: NOJ/ Zaiyana Nur Ashfiya)

Batu, NU Online Jatim

Pos Lapangan (Poslap) NU Peduli yang diinisiasi oleh Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Jawa Timur terus mengirimkan bantuan kepada korban terdampak banjir bandang di kawasan Kota Batu.

 

Terpantau oleh NU Online Jatim, relawan dari Poslap NU Peduli melakukan asesmen lanjutan kepada korban banjir bandang di Desa Bulukerto dan Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

 

"Hari ini asesmen lanjutan terkait dampak yang diakibatkan banjir bandang kepada penyintas, utamanya pada kelompok rentan yang terdiri dari lansia, balita, ibu hamil, ibu menyusui, ibu melahirkan dan disabilitas," tutur M Amru Khoirus Soni, Koordinator Poslap NU Peduli kepada NU Online Jatim, Selasa (09/11).

 

Ia menambahkan, relawan dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pujon juga bergerak menyalurkan 14 armada pick-up dan 1 truck air bersih ke sejumlah desa yang terdampak.

 

"Rincian dropping air, dari PAC GP Ansor Pujon insyaallah setiap hari sampai air menyala, lalu PAC GP Ansor Dau dua tangki. Tambahan lagi logistik masuk 100 paket sembako dari Singosari," jelasnya.

 

Menurutnya, semua unsur yang terlibat mulai LPBI NU Jawa Timur, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Batu, PCNU Malang, serta pengurus lembaga dan banom NU seperti GP Ansor, Fatayat NU, Muslimat NU, IPNU-IPPNU, saling membahu dalam penanganan banjir bandang.

 

"Pembersihan lokasi banjir bandang di sektor 1-4, sekaligus distribusi logistik dan air bersih masih dilakukan sampai hari ini," tambah Soni.

 

Sementara itu, Koordinator Poslap NU Peduli di Desa Bulukerto, Gus Mahbub Ubaidi mengimbau kepada masyarakat yang hendak menyalurkan donasi agar berupa uang tunai atau bahan bangunan yang dikhususkan untuk relokasi pemukiman.

 

"Karena untuk bantuan logistik kita sudah mencukupi, tapi tidak sampai di situ saja karena setelah ini kita masih perlu pembenahan. Untuk beberapa rumah yang hilang dan rusak berat perlu kita recovery pasca bencana," jelasnya.

 

Donasi yang terkumpul sementara hingga saat ini berjumlah Rp 9.187.000 dan bantuan logistik senilai Rp15.970.000 dalam bentuk sembako, alat kebersihan, perlengkapan mandi, air mineral, popok bayi dan pakaian.

 

“Kebutuhan yang diprioritaskan saat ini adalah air bersih, tanki air, tenaga kebersihan dan uang tunai,” terangnya.

 

Diketahui, galang donasi masih terus dibuka melalui nomor rekening BRI 315001031929536 atas nama LAZISNU. Atau menghubungi narahubung dengan nomor 085105116668 atas nama Hesti.


Malang Raya Terbaru