• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Matraman

Banser Pacitan Amankan Arus Balik Lebaran dan Layani Cek Kesehatan

Banser Pacitan Amankan Arus Balik Lebaran dan Layani Cek Kesehatan
Banser Pacitan saat pengamanan arus balik lebaran. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)
Banser Pacitan saat pengamanan arus balik lebaran. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)

Pacitan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan  turut serta dalam pengamanan lebaran bersama TNI, Polri, tenaga kesehatan dan instansi lainnya di posko lebaran kecamatan setempat. Hal itu dilakukan sejak lebaran 2 hari hingga Ahad (08/05/2022) mendatang.


Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor setempat, Suhari menuturkan, hal ini telah menjadi agenda tahunan Banser Pacitan dalam keikutsertaan pengamanan lebaran. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan sarana untuk syi'ar agama.


"Dorongan untuk mengadakan kegiatan ini salah satunya adalah syi'ar supaya bermanfaat bagi masyarakat dan membangun sinergi dengan pihak-pihak terkait," jelasnya kepada NU Online Jatim, Sabtu (07/05/2022).


Untuk tahun ini, lanjut Suhari, pengamanan difokuskan di dua titik strategis. Keduanya berada di jalur strategis mudik dan di jalur ramai lalu lalang kendaraan yang melintas ke arah destinasi wisata pantai klayar.


"Di sini kami membantu mengatur lalu lintas dan melayani cek kesehatan jika ada yang membutuhkan. Setiap harinya Banser membantu 2x8 jam dengan dua shift, setiap shift terdiri dua personil pengatur lalu lintas dan Banser Husada (Basada)," terangnya.


Menurut Suhari, pengamanan dilaksanakan sesuai instruksi dari komandan Pos Pam. Mulai hari ini adalah puncak arus balik, maka personil Banser ditambah menjadi 3 personil untuk masing-masing shift.


Ia berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat mengenal Banser lebih dekat.


"Kami berharap setelah sinergitas inu terjalin erat. Semoga di lebaran tahun depan keluarga besar Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Punung bisa mendirikan posko lebaran secara mandiri," tandasnya.


Editor:

Matraman Terbaru