• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Matraman

Lelah saat Mudik? Jangan Ragu Mampir Posko Mudik Banser Nganjuk

Lelah saat Mudik? Jangan Ragu Mampir Posko Mudik Banser Nganjuk
Posko mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah oleh Satkorcab Banser Nganjuk. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)
Posko mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah oleh Satkorcab Banser Nganjuk. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim
Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nganjuk mendirikan posko mudik Idul Fitri 1443 Hijriyah di dua titik padat pemudik. Kedua titik tersebut yaitu di SPBU Klinter Kertosono dan depan Masjid Jatisari, Kecamatan Wilangan, Nganjuk.


Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Nganjuk, Moch Musbichin mengatakan, bahwa posko mudik Banser Nganjuk dibuka sejak H-3 lebaran. Dalam giat tersebut, pihaknya mengaku menerjunkan sejumlah satuan khusus Banser, mulai dari Banser Husada (Basada), Banser Lalu Lintas (Balantas), Banser Tanggap Bencana (Bagana), hingga Banser Provos.


“Hal itu dengan harapan dapat membantu sebagai penunjuk arah, mengurai kemacetan, dan untuk pemudik yang kelelahan kita sediakan pula pijat relaksasi,” ujarnya kepada NU Online Jatim, Jumat (06/05/2022).


Tak cukup itu, dirinya menyebutkan bahwa Banser Nganjuk juga memberikan layanan gratis bagi para pemudik. Di antaranya konsultasi kesehatan, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency, dan pemberian rujukan jika diperlukan.


Bahkan, di posko mudik tersebut juga tersedia jasa ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit terdekat apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut.


"Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik Banser Nganjuk ini bisa dinikmati cuma-cuma, sehingga pemudik tak perlu segan memanfaatkannya," sambung mantan Ketua PAC GP Ansor Lengkong tersebut.


Musbichin mengatakan, antusiasme pemudik tahun 2022 yang melintasi wilayah Kabupaten Nganjuk sangat tinggi. Menurutnya, hal itu dipicu selama dua tahun warga Indonesia menahan mudik akibat pandemi Covid-19.


"Antusiasme pemudik pada tahun ini luar biasa, mengingat sudah dua tahun kita menahan diri untuk tidak mudik akibat pandemi Covid-19. Untuk mendukung kelancaran, keamanan, dan kenyamanan pemudik, kami menghadirkan beragam layanan di Posko Mudik Banser Nganjuk, tentu dengan tetap mengedepankan standart protokol kesehatan," ungkapnya.


Pada kesempatan yang sama, Ketua NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Nganjuk, Moch Masyhuri mengungkapkan apresiasinya kepada Banser Nganjuk yang telah berupaya mengakomodir kebutuhan pemudik dengan membuka posko mudik.


“Pendirian Posko Mudik Banser Nganjuk ini sangat tepat waktunya untuk menyambut puncak arus balik lebaran yang diprediksi pemerintah akan berlangsung pada 6-8 Mei 2022. Kami dari LAZISNU Nganjuk akan membantu terkait kebutuhan operasional,” ungkap Masyhuri.


Matraman Terbaru