• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Matraman

Berkah Idul Adha, LAZISNU Nganjuk Salurkan Daging Kurban Hingga ke Pelosok

Berkah Idul Adha, LAZISNU Nganjuk Salurkan Daging Kurban Hingga ke Pelosok
Penyaluran kurban NU Care-LAZISNU Nganjuk. (Foto: NOJ/Haafidh Nur Siddiq Yusuf)
Penyaluran kurban NU Care-LAZISNU Nganjuk. (Foto: NOJ/Haafidh Nur Siddiq Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim
NU Care-LAZISNU Nganjuk melalui program Nusantara Berqurban (Nusaqu) menyebarluaskan manfaat kurban bagi kaum duafa di momen Hari Raya Idul Adha 1443 H. Ratusan besek daging kurban itu didistribusikan ke wilayah marginal di perkotaan hingga ke daerah pelosok Kabupaten Nganjuk.

 

Salah satu titik distribusi adalah Dusun Sendang Gogor, Desa Ngepung, Kecamatan Lengkong. Tak banyak yang tinggal di kampung ini, mayoritas mata pencaharian mereka adalah sebagai petani.

 

"Meskipun di sini sudah ada listrik, tapi jaringan seluler lumayan sulit," ungkap Ketua NU Care-LAZISNU Nganjuk, Moch Masyhuri kepada NU Online Jatim, Selasa (13/07/2022).

 

Karena lokasinya yang cukup jauh, butuh waktu hingga satu jam untuk sampai ke sana. Akses jalan yang harus melewati hutan, bukit, dan penuh bebatuan, menjadi salah satu tujuan pendistribusian daging kurban.

 

Kendati demikian, tidak mengurangi semangat pengurus NU Care-LAZISNU Nganjuk untuk menyalurkan daging kurban dari donatur ke berbagai daerah secara merata.

 

“Melalui program Nusantara Berqurban ini, NU Care-LAZISNU Nganjuk memaksimalkan pemerataan kurban untuk warga yang tidak kebagian daging kurban di lingkungannya, juga pada warga yang alami ketahanan pangan di bawah garis kemiskinan,” ujar Kang Huri.

 

Selain disalurkan ke pelosok, hewan kurban yang dipotong langsung dibagikan kepada masyarakat kurang beruntung. Mereka mulai anak yatim, pemilik warung kopi (warkop) tukang becak, tuna netra, janda, juru parkir dan lainnya.

 

Terkait total penghimpunan kurban, anggota DPRD Nganjuk ini menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan rekapitulasi bertahap sebab ada beberapa daerah masih melakukan penerimaan dan penyembelihan hewan kurban pada hari tasyrik.

 

“Total penghimpunan masih dalam tahap rekapitulasi, karena di beberapa daerah atau kecamatan pada hari tasyrik ini masih melakukan penerimaan dan penyembelihan kurban," tuturnya.

 

Sementara itu, Arifin, salah satu penerima manfaat mengucapkan terima kasih atas pembagian daging kurban.

 

"Saya mengucapkan terima kasih atas pemberian daging kurban dari NU Care-LAZISNU semoga berkah bagi semuanya khususnya para donatur," ucapnya usai menerima daging kurban.


Matraman Terbaru