• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Matraman

Cegah Stunting, Fatayat NU Kabupaten Madiun Gelar FGD

Cegah Stunting, Fatayat NU Kabupaten Madiun Gelar FGD
FGD tentang pencegahan stunting oleh Fatayat NU Kabupaten Madiun. (Foto: NOJ/Mirna Nur Asyiah)
FGD tentang pencegahan stunting oleh Fatayat NU Kabupaten Madiun. (Foto: NOJ/Mirna Nur Asyiah)

Madiun, NU Online Jatim

Bidang Kesehatan Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Gedung NU Center Kelurahan Munggut, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jumat (15/04/2022). FGD diikuti oleh bidang kesehatan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU se-Kabupaten Madiun.


Pemantik diskusi pada kesempatan ini adalah Ummu Habibah, Jetua PC Fatayat NU Kabupaten Madiun. Materi yang dibahas ialah terkait Implementasi Pilar Keluarga Mashlahah untuk Indonesia Bebas Stunting.


Ummu menyampaikan bahwa kasus stunting sangat erat kaitannya dengan pola asuh orang tua terhadap anak. “Permasalahan stunting pada anak adalah permasalahan bersama suami dan istri yang harus dicarikan solusi bersama. Dalam konsep keluarga mashlalah, ini dikenal sebagai zawwaj,” katanya.


Selain zawwaj, lanjut dia, dalam konsep keluarga mashlahah diterapkan pilar mitsaqan ghalidzan (perjanjian kokoh antara suami-istri dengan Allah), mu’asyarah bilma'ruf, musyawarah, dan taradhin (saling ridha).


Dosen Pendidikan Islam Anak Usia Dini Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Madiun ini juga menerangkan macam-macam pola asuh anak diantaranya otoriter, permisif, mengabaikan dan otoritatif.


“Masing-masing pola asuh punya kekurangan dan kelebihan. Sebagai orang tua, pandai-pandainya kita mengkombinasikan pola asuh secara tepat,” tandas Ummu.


Wiyanti, Koordinator Bidang Kesehatan PC Fatayat NU Kabupaten Madiun, mengatakan bahwa kegiatan FGD digelar untuk meningkatkan wawasan bidang kesehatan PAC dalam pengasuhan anak, utamanya dalam pencegahan stunting.


Matraman Terbaru