• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Matraman

Fatayat NU Ponorogo Gelontor Puluhan Juta untuk Yatim Piatu Korban Covid-19

Fatayat NU Ponorogo Gelontor Puluhan Juta untuk Yatim Piatu Korban Covid-19
Penyerahan santunan kepada anak yatim yang diadakan PC Fatayat NU Ponorogo, Kamis (19/08/2021). (Foto: NOJ/ Husnul Khotimah).
Penyerahan santunan kepada anak yatim yang diadakan PC Fatayat NU Ponorogo, Kamis (19/08/2021). (Foto: NOJ/ Husnul Khotimah).

Ponorogo, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatu Ulama (NU) Ponorogo menggelar santunan yatim piatu, Kamis (19/08/2021) atau bertepatan dengan 10 Muharram. Kegiatan ini selain untuk menjalankan kesunnahan saat Asyura juga guna meningkatkan solidaritas kemanusiaan di tengah pandemi Covid-19. Khusunya bagi anak-anak yang di usia belia sudah ditinggal orang tuanya.

 

Acara ini dimulai pukul 14.00 WIB di Masjid Institut Sunan Giri (Insuri) Ponorogo. Adapun acara diawali dengan pembacaan Tahlil dan Khatmil Qur'an. Kemudian pada acara inti yakni santunan anak yatim.

 

“Sasaran santunan ini diprioritaskan kepada yatim piatu yang ditinggal orang tuanya karena menjadi korban Covid-19 yang berjumalah 80 anak,” ungkap Nurun Nahdiyah selaku Ketua PC Fatayat NU Ponorogo

 

Turut hadir dalam kegiatan ini di antaranya Ketua LKSA Al-Ikhlas Ponorogo, Darul Yatama Brotonegaran Ponorogo, Ittihadul Inayah Banyudono Ponorogo, dan Darul Muhsinin Surodikraman.

 

Berkat antusiasme donatur dari berbagai elemen masyarakat, perolehan dana santunan mencapai Rp 26.080.000. Selain itu, dana santunan juga merupakan donasi dari angggota Fatayat NU.

 

Kegiatan santunan ini juga diadakan di beberapa titik di Ponorogo. Di antaranya oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Pulung dengan perolehan dana Rp 79.204.000. donasi tersebut dibagikan untuk 94 anak yatim piatu.

 

Kemudian PAC Fatayat NU Kauman memperoleh dana Rp 11.080.000 dibagikan kepada 54 anak yatim piatu. Sedangkan PAC Fatayat NU Jetis memperoleh dana Rp 43.505.000 dibagikan kepada 130 anak yatim. 

 

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan menerapkan secara ketat protokol kesehatan. Adapun rangkaian dari kegiatan ini yakni penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan LKSA.

 

Nurun Nahdiyah mengaku sangat prihatin kepada anak yatim dan yatim piatu korban pandemi Covid-19.  Sehingga ia berinisiatif untuk mengajak kerja sama LKSA agar bersedia memberikan pemgasuhan anak yatim piatu yang orangtuanya meninggal karena Covid 19 di lingkungan jam'iyah Fatayat NU Ponorogo.

 

 

Selanjutnya menentukan kegiatan bersama-sama dengan pihak PC Fatayat NU Ponorogo sesuai dengan program kerja.

 

“LKSA di Ponorogo kita minta ikut berkomitmen dan berintegrasi untuk kerja sama keberlanjutan para yatim dalam hal pendidikan dan pengasuhan untuk kebaikan di masa depannya kelak,” pungkas Nurun.

 

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru