• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 11 Agustus 2022

Matraman

IPNU-IPPNU di Madiun Galang Buku untuk Tingkatkan Minat Baca Pelajar

IPNU-IPPNU di Madiun Galang Buku untuk Tingkatkan Minat Baca Pelajar
Istimewa
Istimewa

Madiun, NU Online Jatim

Organisasi bukan hal yang asing di kalangan generasi muda saat ini. Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) adalah organisasi  yang merupakan Badan Otonom (Banom) dari Nahdlatul Ulama (NU). IPNU IPPNU merupakan wadah bagi pemuda-pemudi NU untuk belajar, berorganisasi, berkegiatan dan berkhidmah.

 

Di masa pandemi ini IPNU-IPPNU memiliki tantangan yang cukup berat untuk dihadapi, dimana kegiatan yang biasanya dilakukan dengan tatap muka, kini harus dilakukan secara daring.

 

Adanya pembatasan sosial di masa pandemi tidak menjadi kendala bagi Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun untuk terus aktif melaksanakan kegiatan. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua PAC IPNU Kecamatan Pilangkenceng Wahyu Maulana Effendy di Gedung Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Pilangkenceng, Jumat (15/01/2021).

 

"Bagi pelajar NU di Pilangkenceng, adanya pembatasan kegiatan di masa pandemi Covid-19 ini tidak menjadi penghalang untuk terus melaksanakan kegiatan. PAC IPNU-IPPNU Pilangkenceng selama setahun ini terus eksis melakukan kegiatan melalui media sosial. Seperti shalawatan, pembacaan rotib dan kajian keilmuan," terangnya.

 

Selain berdakwah di media social, PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Pilangkenceng juga memiliki gagasan baru untuk mengisi aktivitas di masa pandemi ini. Yaitu membuat sudut baca.

 

"Selain melakukan dakwah melalui media sosial, kami juga sedang merancang dan mengerjakan pembuatan sudut baca yang nantinya akan kami beri nama Reading Center," tutur pria yang akrab disapa Guspen ini.

 

Dengan adanya sudut baca tersebut diharapkan dapat menumbuhkan minat baca generasi muda, khususnya pelajar NU.

 

"Kebanyakan generasi muda saat ini minim minat bacanya, maka IPNU IPPNU Pilangkenceng berinisiatif untuk membuat Reading Center agar dapat memotivasi generasi muda saat ini untuk terus belajar dan mengenal dunia melalui membaca", terang Guspen.

 

 

Reading Center IPNU-IPPNU Kecamatan Pilangkenceng akan diisi dengan berbagai macam buku, yang didapat dari sumbangan para alumni, pengurus dan donatur.

 

"Dalam program ini kami mengajak para alumni dan pengurus untuk berpartisipasi mensukseskan program ini dengan menyumbangkan buku-bukunya. Kami juga menerima sumbangan buku dari siapapun ingin menjadi donatur buku kami. Kami menerima berbagai macam jenis buku mulai dari buku keilmuan, novel dan literatur keilmuan," pungkasnya.

 

Penulis: Dinda Putri Lestari.

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru