• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Matraman

Keseruan Fatayat NU Jombang saat Meriahkan Pawai Budaya Karnaval

Keseruan Fatayat NU Jombang saat Meriahkan Pawai Budaya Karnaval
Ketua PC Fatayat NU Jombang di atas kendaraan yang dihias pada pawai budaya karnaval 2022. (Foto: NOJ/Aylarohma)
Ketua PC Fatayat NU Jombang di atas kendaraan yang dihias pada pawai budaya karnaval 2022. (Foto: NOJ/Aylarohma)

Jombang, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Jombang turut serta memeriahkan pawai budaya karnaval 2022. Kegiatan dalam rangka Peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia tersebut berlangsung semarak dan mendapat apresiasi dari khalayak yang berlangsung Sabtu (20/08/2022).


“Ada empat armada dari PC Fatayat NU Kabupaten Jombang yang dihias sesuai kriteria peserta karnaval,” kata Ketua PC Fatayat NU Jombang, Lailatun Ni’mah, Ahad (21/08/2022).


Dijelaskan perempuan yang lebih akrab disapa Ning Eli tersebut bahwa armada yang ada membawa hasil bumi yang kemudian dibagikan kepada masyarakat yang menyaksikan.Rombongan berangkat dari garis start di depan Stadion Merdeka Jombang.


“Kami mengenakan busana adat Limpapeh Rumah Nan Gadang atau Bundo Kanduang dari Padang, Sumatera Barat berwarna putih,” jelasnya.


Dirinya juga berdiri di atas armada pawai dengan didampingi dari PC Fatayat NU dengan mengenakan busana senada serta dua sahabat Fatayat NU dari tim paduan suara.


“Kegembiraan tidak hanya nampak dari Fatayat NU yang menjadi peserta di atas armada hias, atusiasme sahabat Fatayat NU dari tiap kecamatan yang turut menyaksikan rombongan pawai dari sisi kiri panggung kehormatan sempat menyita perhatian dari penonton pawai lainnya,” ungkap dia. 


Dijelaskan bahwa Fatayat NU yang turut hadir menyaksikan pawai kompak mengenakan kerudung warna hijau. Demikian pula mengibarkan bendera kecil dan menyanyikan Mars Fatayat NU.


“Hal itu kami tunjukkan ketika armada dengan nomor 51-A milik PC Fatayat NU Jombang berhenti di depan panggung kehormatan yang berada di area Ringin Contong untuk memberikan salam hormat kepada bupati, wakil bupati serta jajaran Forkopimda Kabupaten Jombang,” ungkapnya.


Armada hias milik PC Fatayat NU Jombang pun berlanjut mengikuti armada hias peserta lain menuju garis finish yang berada di depan kantor desa Sengon di Jl. Kapten Tendean. Setelah itu dilakukan pembagian hasil bumi yang telah disiapkan kepada masyarakat yang menyaksikan. 


“Hal ini sesuai arahan Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab agar peserta pawai turut membagi berkah kepada warga masyarakat yang datang,” ungkapnya.


Di atas panggung kehormatan turut hadir pula Ema Umiyyatul Chusnah (Ning Emma), Anggota Komisi IV DPR RI. Dia menyampaikan rasa syukur dan bangga atas terselenggaranya pawai budaya. Apalagi setelah dua tahun masyarakat Jombang bersabar tidak ada aktivitas perayaan karena pandemi Covid-19.


“Setelah dua tahun tidak ada pawai sekarang ada pawai, alhamdulillah masyarakat terlihat antusias sukses,” ungkapnya.


Pawai budaya karnaval tahun ini telah berhasil mengobati kerinduan masyarakat Kabupaten Jombang yang telah menunggu pesta rakyat selama dua tahun dilanda pandemi Covid-19.  


Jajaran Forkopimda yang turut hadir mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia dan melakukan flashmob untuk menyerukan Jombang Resik dengan kegiatan membersihkan area panggung kehormatan. Hal ini menjadi bukti bahwa tidak ada kesenjangan antara pejabat pemerintah dengan warga. 

 

Penulis: Aylarohma


Editor:

Matraman Terbaru