• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Matraman

Kopdarnas Ais Nusantara, Gus Hamid Tegaskan Pentingnya Literasi Digital

Kopdarnas Ais Nusantara, Gus Hamid Tegaskan Pentingnya Literasi Digital
Founder Dunia Santri Community, Abdulloh Hamid (pegang mic). (Foto: NOJ/istemewa)
Founder Dunia Santri Community, Abdulloh Hamid (pegang mic). (Foto: NOJ/istemewa)

Pacitan, NU Online Jatim
Founder Dunia Santri Community, Abdulloh Hamid mengungkapkan, literasi digital sering dianggap sebagai kecakapan dalam menggunakan internet dan media digital. Akan tetapi literasi digital merupakan sebuah konsep dan praktik yang bukan sekedar menitikberatkan pada kecakapan untuk menguasai teknologi.


“Seorang pengguna yang memiliki kecakapan literasi digital yang bagus tidak hanya mampu mengoperasikan alat, melainkan juga mampu bermedia digital dengan penuh tanggung jawab,” kata Gus Hamid saat acara Ngaji Literasi Gramedia Kolabosantri bersama J.S Khairen dirangkaian Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) VI Arus Informasi Santri Nusantara (Aisnu) di Ponpes Maslakul Huda, Kajen, Pati, Jawa Tengah, Ahad (04/12/2022).


Pria yang juga dosen Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tersebut menyampaikan berbagai jenis literasi digital. Diantaranya Photo-Visual literacy, Reproduction literacy, Branching literacy, Information literacy, dan Socio-emotional literacy.


“Dalam penerapan Literasi Digital Santri dapat memanfaatkan platform yang ada, seperti website, podcast, YouTube, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya,” terangnya.


Gus Hamid menjelaskan, sederhananya literasi digital dapat dilakukan dengan pemetaan ringan tentang bagaimana membangun hingga mengelola literasi digital dalam dunia pesantren. Karena literasi digital memiliki manfaat yang banyak.


“Manfaat literasi digital diantaranya meringkas atau menghemat waktu, memperluas jaringan, hemat biaya, memperoleh informasi dengan cepat, dan memperkaya penampilan,” pungkasnya.


Matraman Terbaru