• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 13 April 2024

Matraman

LPNU Nganjuk Produksi Roti Libatkan UMKM Lokal

LPNU Nganjuk Produksi Roti Libatkan UMKM Lokal
Roti NURY milik LPNU Nganjuk (Foto: NOJ/ Haafidh Nur Siddiq Yusuf)
Roti NURY milik LPNU Nganjuk (Foto: NOJ/ Haafidh Nur Siddiq Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim
Pertumbuhan ekonomi di awal 2022 ini rupanya menjadi momentum akselerasi atau percepatan usai melewati dua tahun pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Salah satu yang bersemangat melakukan akselerasi kebangkitan ekonomi adalah Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Nganjuk.
 

Belum genap dua bulan ini, LPNU Nganjuk berhasil meluncurkan produk bernama NURY atau NU Bakery. “Ini merupakan bentuk penguatan ekonomi secara nyata dengan membentuk badan usaha bersama pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),” ungkap Darul Farokhi, Ketua LPNU Nganjuk kepada NU Online Jatim, Sabtu (26/02/2022).
 

Darul mengatakan, program LPNU Nganjuk ialah menaikkan UMKM kelas menengah dari kelas usaha kecil menjadi usaha industri. Sementara untuk UMKM kecil akan dibantu proses managemen dan pemasarannya.
 

“Sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnyanya kepada UMKM dari mikro menuju hero,” sambung pemilik kebun pertanian Al-Fukat tersebut.
 

Sementara itu, Ketua Bidang UMKM LPNU Nganjuk, Moh Yazid menuturkan, ekspansi NURY bertujuan untuk memperluas jangkauan bisnis LPNU Nganjuk khususnya di bidang kuliner sekaligus meraih konsumen baru, baik Nahdliyin ataupun masyarakat pada umumnya.
 

“Produk olahan roti saat ini memang sedang dibutuhkan untuk acara-acara yasinan, pengajian, tahlilan, ziarah. Untuk daya tahan produk NURY sendiri berkisar antara 4 hingga 5 hari,” jelasnya.
 

Disampaikan Yazid, keunggulan produknya adalah terbuat dari bahan baku yang diambil langsung dari petani di Kabupaten Nganjuk. Bahan yang diperoleh kemudian dikupas, dicuci, dan dimasak serta ada yang dibuat untuk adonan dan isian.
 

“Bahan bakunya adalah telo ungu, insyaallah kedepan kita akan membuat berbagai varian, kita juga punya sobek waluh dan sobek ungu,” tutur salah satu pembina UMKM Kabupaten Nganjuk tersebut.
 

  

NURY merupakan roti bantal dengan tekstur lembut, selembut awan, dibuat dengan bahan premium menggunakan teknik modern, tanpa bahan pengawet. Hadir dengan dua varian rasa, yaitu labu dan ketela ungu dengan kisaran harga Rp5 ribu.
 

Untuk pemesanan dapat datang langsung ke gerai NURY di Kantor PCNU Nganjuk atau menghubungi Yazid di nomor 0852-3042-3881.


Editor:

Matraman Terbaru