• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Matraman

Mengenang Gus Loh Trenggalek, Izinkan Acara Band di Gedung PCNU

Mengenang Gus Loh Trenggalek, Izinkan Acara Band di Gedung PCNU
Ketua PCNU Trenggalek, KH Muhammad Fatchulloh atau Gus Loh. (Foto: Istimewa)
Ketua PCNU Trenggalek, KH Muhammad Fatchulloh atau Gus Loh. (Foto: Istimewa)

Trenggalek, NU Online Jatim

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Trenggalek, KH Muhamad Fatchulloh Sholeh atau Gus Loh tutup usia, Rabu (05/10/2022). Banyak kenangan yang dialami oleh kader-kader muda Nahdliyin bersama mendiang Gus loh.


Salah satunya dari pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek.


Mohammad Nurul Izza menceritakan, pada saat dirinya menjadi Ketua PC IPNU Trenggalek 2017-2019 mengadakan bagi takjil dikemas dengan acara band. Ia kaget saat meminta restu kepada Gus Loh karena ternyata acara band diizinkan digelar di gedung NU. Seperti diketahui, acara band hamper tidak pernah ada di gedung NU di seluruh Indonesia.


"Pertama kalinya itu mengadakan band di gedung NU. Beberapa alumni ya kaget, gedung NU kok dibuat band-band-nan. Apa sudah minta izin PCNU, ya saya jawab simpel, sudah. Gus Loh mengizinkan," ungkap Kang Izza saat dikonfirmasi.


Menurutnya, dari pengalaman yang dialaminya itu sosok Gus Loh bukan pimpinan dengan pemikiran-pemikiran yang kolot yang kaku. Tetapi Gus Loh mampu menempatkan diri, dan mengetahui apa yang menjadi keinginan kader-kader di bawah.


"Biasanya kan gedung NU tempat yang sakral, shalawat dan seterusnya. Dengan kepemimpinan Gus Loh, ketika saya usul bahwa Ramadhan bukan Shalawatan, tapi teman-teman menginginkan acara band dan bagi takjil. Gus Loh memperbolehkan itu salah satu hal yang berkesan bagi saya," bebernya.


Kang Izza menyampaikan, saat memimpin PCNU Trenggalek, Gus Loh bisa memposisikan diri bersama siapa saja yang silaturrahmi. Baik konsultasi ataupun permasalahan pribadi dengan Gus Loh diterima dengan baik.


Selain itu, Gus Loh bisa menjadi bapak serta sahabat tanpa memandang batas usia kader yang diajak interaksi.


"Sudah lumrah terkadang mintanya kader yang muda dengan kader sepuh itu berbeda. Tapi beliau (Gus Loh) bisa memposisikan diri. Jadinya itu tadi, kadangkala bisa menjadi bapak bisa ngemong. Terkadang ya bisa jadi teman yang bisa mendengarkan keluh kesah kader yang di bawah," tandasnya.


Editor:

Matraman Terbaru