• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 27 Januari 2022

Matraman

NU Magetan Kawal Sertifikasi Wakaf Usai Kerja Sama dengan BPN

NU Magetan Kawal Sertifikasi Wakaf Usai Kerja Sama dengan BPN
Penyerahan cenderamata usai penadatanganan nota kesepahaman antara PCNU Magetan dengan BPN setempat, Senin (04/10/2021). (Foto: NOJ/ Zainal Abidin).
Penyerahan cenderamata usai penadatanganan nota kesepahaman antara PCNU Magetan dengan BPN setempat, Senin (04/10/2021). (Foto: NOJ/ Zainal Abidin).

Magetan, NU Online Jatim

Mengawali rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Magetan menjalin kerja sama dengan Badan Pertanahan  nasional (BPN) setempat. Kerja sama tersebut dituangkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang Percepatan Sertifikasi Tanah Milik dan Tanah Wakaf Badan Hukum Perkumpulan Nahdlatul Ulama (BHPNU) di Kabupaten Magetan, Senin (04/10/2021).

 

Kegiatan yang dilangsungkan di kantor BPN Magetan tersebut dihadiri sejumlah pengurus harian PCNU, Lembaga Wakaf dan Pertanahan nahdlatul Ulama (LWPNU) setempat, Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Magetan KH Ahmad Fathoni, dan perwakilan Kemenag Magetan, Khoirudin.

 

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya percepatan sertifikasi tanah-tanah wakaf milik Nahdlatul Ulama. Ditargetkan seluruh tanah wakaf sudah bisa dilegalisasi melalui program percepatan ini pada 2023. Syukur-syukur tahun 2022 sudah selesai,” kata Bambang Gunawan, Kepala BPN Kabupaten Magetan.

 

Ia bersyukur, di hari pertamanya datang ke Magetan ini sudah bertemu dengan para kiai. "Saya berharap, hal tersebut membawa keberkahan, ditandai dengan pemberian layanan yang terbaik sesuai amanah para kiai," tandasnya.

 

Sementara itu, Ketua PCNU Magetan, KH Manshur dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya dengan adanya MoU ini.

 

"Alhamdulillah di bulan Oktober ini kita bisa menjalin kerja sama dengan Kantor Pertanahan Magetan. Hal ini merupakan awal yang baik dalam menyambut Hari Santri Nasional 2021. Kabar baik ini akan kita sampaikan kepada seluruh pengurus NU dari tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) hingga Ranting NU untuk menggali permasalahan-permasalahan sertifikasi tanah wakaf serta mencarikan jalan keluarnya,” ungkapnya.

 

Rofi'udin, Ketua Lembaga Wakaf dan Pertanahan (LWP) PCNU Magetan menyampaikan, kegiatan ini diselenggarakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota se-Jawa Timur.

 

"Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan antara Kanwil BPN Jawa Timur bersama PWNU Jawa Timur dan PW Muhammadiyah Jawa Timur serta disaksikan dan diikuti secara virtual oleh Kantah dan PCNU se-Jawa Timur," ujarnya.

 

 

Lebih lanjut ia berharap, kesempatan ini bisa digunakan sebaik-baiknya oleh segenap jajaran pengurus NU di setiap tingkatan. "LWPNU Magetan yang ditunjuk sebagai tim teknis percepatan sertipikasi wakaf BHPNU siap mengawal proses ini hingga selesai," tegasnya.

 

Penulis: Zainal Abidin


Editor:

Matraman Terbaru