• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Matraman

NU Pacitan Apresiasi Ikhtiar Pemkab Naikkan Capaian Vaksinasi Booster

NU Pacitan Apresiasi Ikhtiar Pemkab Naikkan Capaian Vaksinasi Booster
Suasana rapat persiapan Pekan Vaksinasi Booster oleh Pemkab Pacitan. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)
Suasana rapat persiapan Pekan Vaksinasi Booster oleh Pemkab Pacitan. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)

Pacitan, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pacitan mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat dalam melaksanakan pekan vaksinasi booster pada awal Agustus mendatang. Hal tersebut sebagai upaya percepatan vaksinasi booster pada masyarakat menyikapi rendahnya capaian vaksinasi booster di Kabupaten Pacitan.


“Kami memberikan apresiasi dengan digenjotnya kembali vaksin booster untuk masyarakat Pacitan ini,” ujar KH Mahmud selaku Ketua PCNU Pacitan kepada NU Online Jatim, Selasa (26/07/2022).


Tak hanya itu, dirinya juga berharap adanya peran dari tokoh agama dan masyarakat untuk memberi contoh dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya vaksin booster tersebut.


“Utamanya memberi contoh dan sosialisasi kepada pengurus NU mulai PCNU, MWCNU, Ranting, dan Anak Ranting serta warga NU agar ikut mensukseskan kegiatan pekan vaksin ini dengan bersungguh-sungguh,” ungkapnya.


Sementara itu, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyebutkan, bahwa mengingatkan dan menyadarkan masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi adalah tugas bersama. Namun, faktor terlambatnya kedatangan vaksin juga menjadi tantangan tersendiri.


“Jika dulu kita dituntut segera vaksin, namun tantangannya vaksinnya kadang terlambat. Tapi saat ini setelah Covid-19 melandai dan vaksinnya ada, justru masyarakatnya yang sulit,” katanya saat memberikan pengarahan dalam Rapat Persiapan Pekan Vaksinasi Booster di gedung Karya Dharma, Senin (25/07/2022) dilansir akun instagram @pemkabpacitan.


Ia mengingatkan, meski kasus Covid-19 di Kabupaten Pacitan relatif landau, namun tidak boleh diabaikan. Membaiknya kondisi ini justru harus diimbangi dengan percepatan vaksinasi booster. Ia juga meminta perhatian semua pihak untuk saling bersinergi menyukseskan pekan vaksinasi booster tersebut.


“Saya melihat banyak event di masyarakat yang melibatkan banyak massa, mungkin hal itu bisa dimanfaatkan untuk melakukan vaksin booster asalkan berkoordinasi dengan baik,” imbuhnya.


Diketahui, saat ini capaian vaksinasi booster di Kabupaten Pacitan baru 18,49 persen. Angka tersebut berbanding sangat sedikit dengan vaksinasi dosis dua yang sudah mencapai 81,52 persen.


Pekan Vaksinasi Booster tersebut akan berlangsung pada 1-7 Agustus 2022. Dalam sepekan itu, diharapkan capaian vaksin booster di Pacitan mampu mencapai target hingga 45 persen dan bisa menyamai capaian vaksin dosis 2 di akhir September mendatang.


Matraman Terbaru