• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Matraman

Ratusan Santri Ikuti Porsadin Ke-5 Tingkat Kabupaten Nganjuk

Ratusan Santri Ikuti Porsadin Ke-5 Tingkat Kabupaten Nganjuk
Ratusan santri di Nganjuk saat mengikuti Porsadin ke-5 tingkat Kabupaten Nganjuk. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)
Ratusan santri di Nganjuk saat mengikuti Porsadin ke-5 tingkat Kabupaten Nganjuk. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim
Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Nganjuk menggelar Pekan Olahraga dan Seni antar Diniyah (Porsadin) ke-5 se-Kabupaten Nganjuk. Kegiatan tersebut dipusatkan di Alun-alun Berbek, Jalan Mayjen Supeno Nomor 76, Berbek, Kacangan, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Sabtu (26/06/2022).


“Porsadin adalah ajang silaturahim dan kompetisi antar siswa Diniyah Takmiliyah se-Kabupaten Nganjuk,” ungkap Ketua FKDT Nganjuk, M Bisri Efendi.


Gus Bisri mengatakan, sebanyak 540 peserta dari 20 kecamatan di Kabupaten Nganjuk akan saling berkompetisi dalam berbagai kejuaraan. Di antaranya, tahfidz Al-Qur'an, MTQ, kaligrafi, cerdas cermat, baca puisi, bulu tangkis, tenis meja, catur, lari, dan lainnya


Dirinya pun berharap, melalui kompetisi bidang pengetahuan keagamaan, olahraga dan seni budaya ini, dapat memotivasi para santri diniyah untuk mendorong Kabupaten Nganjuk lebih baik lagi.


“Semoga para peserta yang mengikuti Porsadin ke-5 tingkat Kabupaten Nganjuk ini mampu memberikan motivasi untuk terus berkembang baik dari segi keagamaan, pengetahuan, maupun seni dan olahraga,” sambungnya.


Tak cukup itu, Gus Bisri mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan. “Terima kasih kepada Plt Bupati, Kementerian Agama, dan DPRD Nganjuk yang telah hadir dan menyukseskan acara ini,” tuturnya.


Sementara itu, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengapresiasi penyelenggaraan Porsadin ke-5 yang terlaksana secara mandiri dan meriah. Dirinya menganggap kehadiran madrasah diniyah sangat penting dalam pendidikan akhlak anak-anak sehingga membantu tugas pemerintah.


Marhaen pun mengajak agar FKDT dan Pemda Nganjuk proaktif melakukan sinergi yang berkelanjutan. Ia mengaku, jika yang diberikan selama ini belum sebanding dengan pengabdian para guru ngaji.


“Madin ini sangat strategis sekali. Guru ngajinya pun memiliki tanggung jawab yang besar. Oleh karena itu, kita punya komitmen untuk meningkatkan insentif guru-guru madrasah diniyah melalui Bosda dan berupaya agar ada peningkatan dan pemerataan insentif itu,” tuturnya.


Diketahui, acara dimulai pukul 09.00 hingga 16.45 WIB. Turut hadir dalam kegiatan ini Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Wakil Ketua DPRD Nganjuk Ulum Basthomi, Kementerian Agama Nganjuk M Muhsin, pengurus MWCNU Berbek dan tamu undangan lainnya.


Matraman Terbaru