• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Matraman

Resmi Dilantik, IPNU-IPPNU UIN Satu Tulungagung Usung Program ITB

Resmi Dilantik, IPNU-IPPNU UIN Satu Tulungagung Usung Program ITB
Foto bersama usai pelantikan PK IPNU-IPPNU UIN Satu Tulungagung. (Foto: NOJ/ISt)
Foto bersama usai pelantikan PK IPNU-IPPNU UIN Satu Tulungagung. (Foto: NOJ/ISt)

Tulungagung, NU Online Jatim

Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (Satu) Tulungagung masa khidmat 2023-2024 menggelar pelantikan dan rapat kerja di Gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tulungagung, Ahad (25/02/2024).


Ketua PK IPNU UIN Satu Tulungagung, Achmad Subakti mengatakan, pelantikan kali ini merupakan momentum yang istimewa karena berada di tengah-tengah Hari Lahir (Harlah) ke-70 IPNU pada 24 Februari dan Harlah ke-69 IPPNU pada 2 Maret mendatang.


"Maka dari itu, jas kebanggaan IPNU-IPPNU yang kita kenakan sekarang menjadi saksi tanggung jawab yang kita ampu selama satu periode ke depan," ujarnya, Selasa (27/02/2024).


Ia mengajak kepada seluruh pengurus yang baru dilantik untuk menyatukan hati dan niat dalam berkhidmah di PK IPNU-IPPNU UIN Tulungagung selama satu periode ke depan.


Mahasiswa PAI ini menjelaskan, terkait grand design yang diusung PK IPNU-IPPNU UIN Tulungagung di periode ini ialah program ITB yang terdiri dari Intelektual, Tradisi, dan Branding.


"Pertama huruf I adalah intelektual, yang mana selain kita fokus pada bidang sosio-kultural, kita juga akan melek dalam bidang intelektual. Terbukti, baru di periode ini kita bentuk lembaga penelitian dan pengembangan," terangnya.


Yang kedua, huruf T yakni tradisi dalam melestarikan tradisi ke-NU-an seperti ngaji kitab, tahlilan, dibaan, dan sebagainya. Kedepannya juga akan tetap melestarikan tradisi kegiatan di PK yang sekiranya patut untuk dilanjutkan.


Yang terakhir adalah B yaitu branding. PK saat ini telah mengalami masa digital, maka perlunya membrading organisasi ini di media sosial sebagai bentuk menunjukkan eksistensi di ranah kampus.


Sementara itu, Ketua PK IPPNU UIN Satu Tulungagung, Mahrisa Khoirotin Nisa menjelaskan terkait tema yang diusung dalam pelantikan ini dengan bertajuk 'Reaktualisasi Insan Akademis NU dalam mewujudkan Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur’.


Menurutnya, PK IPNU-IPPNU UIN Tulungagung dapat menjadi salah satu organsasi parameter khususnya mengenai akhlakul karimah. Dengan kehadiran IPNU-IPPNU di kampus, dapat memberi energi positif bagi masyarakat umum, terkhusus bagi UIN Tulungagung.


“Semoga dengan pelantikan ini dapat menambah ghirah pengurus dalam berkhidmah dan menjadi awal untuk melanjutkan perjuangan, dan melaksanakan program kerja yang telah disahkan di rapat kerja nanti," pungkas Mahasiswi Tadris Matematika ini.


Penulis: Eka Fitria Lusiana


Matraman Terbaru