• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 4 Oktober 2022

Matraman

Semarak Harlah, Fatayat NU Madiun Gelar Lomba Barzanji secara Virtual

Semarak Harlah, Fatayat NU Madiun Gelar Lomba Barzanji secara Virtual
Salah satu tim peserta lomba Al-Barzanji yang diadakan PC Fatayat Nu Kabupaten Madiun. (Foto: NOJ/ Mirna Nur Asyiah).
Salah satu tim peserta lomba Al-Barzanji yang diadakan PC Fatayat Nu Kabupaten Madiun. (Foto: NOJ/ Mirna Nur Asyiah).

Madiun, NU Online Jatim

Hari lahir Nahdlatul Ulama (NU) diperingati pada tanggal 16 Rajab setiap tahunnya. Di tengah pandemi Covid-19 ini terdapat larangan mengadakan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Meskipun begitu, hal itu tidak menghalangi nahdliyin untuk turut memeriahkan Harlah ke-98 NU.

 

Sebagaimana yang dilakukan Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Madiun yang menggelar lomba pembacaan kitab al Bazanji secara virtual. Hal ini dilaksanakan untuk menyemarakkan Harlah ke-98 NU sekaligus memperingati Rajabiyah. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memperhatikan aturan pemerintah terkait adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM).

 

“Kegiatan ini untuk menindaklanjuti surat dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Madiun untuk menyemarakkan Harlah NU di semua  tingkatan Badan Otonom (Banom). Sesuai dengan petunjuk PPKM yang tidak memperbolehkan mengadakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Maka kami mengadakan lomba pembacaan Al barzanji ini secara virtual. Karena tidak mungkin mengumpulkan massa dalam jumlah banyak,”  kata Ketua PC Fatayat NU kabupaten Madiun, Ummu Habibah.

 

Disampaikan juga bahwa Fatayat NU merupakan Banom yang mempunyai misi untuk melestarikan budaya An-nahdliyah. Salah satunya adalah shalawat. Maka, untuk melestarikannya Fatayat NU Kabupaten Madiun mengadakan lomba virtual Al barzanji dengan membaca Atiril kedua.

 

Perempuan yang akrab disapa Ummu ini berharap, pelaksanaan lomba virtual ini dapat memicu anggotanya lebih terbiasa dan peka terhadap perkembangan media. ”Kegiatan lomba seperti ini dapat memupuk solidaritas dari anggota. Juga untuk membiasakan anggota Fatayat dengan media, agar ada pengalaman dan pembelajaran terkait perkembangan media,” ujar Ummu.

 

Adapun pendaftaran lomba dibuka selama satu minggu,  yaitu tanggal 20 sampai 26 Februari 2021. Peserta diwajibkan mengirimkan video pembacaan Al barzanji kepada panitia melalui email. Selanjutnya video kiriman peserta diunggah di akun Youtube milik Fatayat NU Kabupaten Madiun.

 

Terdapat dua penilaian lomba, yaitu dari ketepatan bacaan diambil tiga juara dan penilaian dari view like serta comment terbanyak diambil tiga juara.

 

Perempuan yang tinggal di komplek Ponpes Al Mubarok Pagotan Geger Madiun ini mengaku sangat berterima kasih dan mengapresiasi antusias dari anggota Fatayat se Kabupaten Madiun. Diirinya tidak menyangka Channel Youtube PC Fatayat NU Kabupaten Madiun mengalami perkembangan dari 51 menjadi 3,2 ribu subscriber. Serta jumlah viewers dari setiap video yang berjumlah ribuan.

 

”Saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari semua peserta dan juga sahabat Fatayat semua,” tuturnya.

 

 

Untuk penilaian lomba dilaksanakan pada tanggal 27 Rajab 1442 Hijriyah yang bertepatan dengan tanggal 11 Februari 2021. Dengan mendatangkan tiga dewan juri yaitu Ustadzah Nailul Hidayah Juara nasional Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) 30 Juz, Ustadzah Hanik Munawaroh Juara Provinsi MHQ 20 Juz dan Ustadzah Hanif Marifah Qoriah Nasional. Dan penilaian like, view serta comment terbanyak juga telah ditutup pada hari tersebut. Selanjutnya pemenang akan diumumkan melalui Channel Youtube Fatayat NU Kabupaten Madiun.

 

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru