• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Matraman

Wakil Rakyat dari F-PKB Jatim Siap Fasilitasi Kesenian Trenggalek

Wakil Rakyat dari F-PKB Jatim Siap Fasilitasi Kesenian Trenggalek
Kesenian khas Trenggalek, Tiban. (Foto: NOJ/Desa Kerjo)
Kesenian khas Trenggalek, Tiban. (Foto: NOJ/Desa Kerjo)

Trenggalek, NU Online Jatim
Anggota DPRD Jawa Timur Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Kholiq mengaku siap memfasilitasi kesenian Tiban asal Trenggalek. Menurutnya mencintai Nusantara adalah bagian dari iman. 
 

"Jadi, PKB ini tidak hanya religiusnya yang kuat tapi juga nasionalismenya juga kuat. Memang selama ini PKB identik dengan santri, padahal nasionalisnya juga kuat karena didirikan oleh Nahdlatul Ulama (NU)," katanya saat reses bertemu Laskar Wong Trenggalek di Desa Rejowinangun, Kecamatan Trenggalek, Sabtu (05/02/2022). 
 

Ia menambahkan NU di bawah kepemimpinan KH M Hasyim Asy'ari saat itu juga berperan serta dalam peristiwa pertempuran 20 November di Surabaya. Bahkan nasionalisme NU ditunjukkan dalam syubanul wathan yang di dalamnya disebutkan mencintai Nusantara adalah bagian dari iman.  
 

"Jadi, mau mengajukan Bantuan Barongan atau Dadak Merak nggih monggo. Karena kesenian juga bagian dari Nusantara," tuturnya. 
 

Menurutnya kesenian dan kebudayaan juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Karena ini, lanjut Kholiq, merupakan bagian dari Nusantara. "Dan ini harus dilestarikan," tegasnya. 
 

Sementara itu Ketua Laskar Wong Trenggalek Iwan mengatakan ingin mengangkat kesenian Tiban yang asli dari Trenggalek. Ia mengaku selama ini, saat manggung dirinya bersama pelaku seni Tiban hari menyewa alat. 
 

"Alat-alat ini adalah bagian dari uba rampe kesenian ini," katanya. 
 

Selain itu kaum perempuan dari Laskar Wong Trenggalek ini juga ingin membina emak-emak agar memiliki tambahan penghasilan. Yakni dengan berharap ada bantuan mesin jahit. 
 

"Semoga ada perhatian terhadap aspirasi kami," ujar salah satu anggota perempuan Laskar Wong Trenggalek.


Editor:

Matraman Terbaru