• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Metropolis

CBP-KPP Jatim Gelar Lomba Historical Symposium, Ini Ketentuannya

CBP-KPP Jatim Gelar Lomba Historical Symposium, Ini Ketentuannya
Poster lomba video sejarah CBP-KPP se Jatim oleh CBP-KPP Jawa Timur. (Foto: NOJ/Yulia Novita Hanum)
Poster lomba video sejarah CBP-KPP se Jatim oleh CBP-KPP Jawa Timur. (Foto: NOJ/Yulia Novita Hanum)

Mojokerto, NU Online Jatim

Dewan Koordinasi Wilayah (DKW) Corps Brigade Pembangunan (CBP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jawa Timur menggelar Historical Symposium bertajuk The Art of Dedications: Menjelajah Sejarah CBP-KPP di Jawa Timur.


Kegiatan tersebut dikemas dengan lomba video sejarah, buka dan sahur bersama, serta menjelajah sejarah yang bertempat di Aula Wisma PCNU Kabupaten Mojokerto pada 17 April 2022 mendatang.


Hadi, Komandan DKW CBP Jatim, mengatakan, historical symposium menjadi agenda puncak dari rangkaian buka bersama kader CBP KPP di Jatim. Buka bersama ini menjadi adat setiap tahun sejak 2016.


“Alhamdulillah tahun ini bisa terlaksana karena 2 tahun kemarin masih pandemi, dalam prosesnya nanti tetap memperhatikan protokol kesehatan,” katanya, Sabtu (16/04/2022).


Menurutnya, ini menjadi acara puncak karena ini menjelajah sejarah dan bagaimana kemudian Jatim itu menjadi pelaku sejarah di mana CBP-KPP kembali dimunculkan setelah puluhan tahun tenggelam. Sebelum buka bersama, juga diadakan lomba video sejarah lokal masing-masing DKC.


“Harapannya bisa menjadi gerakan kolektif yang dilakukan serentak di Jatim menjadi atensi seluruh Indonesia, bagaimana kemudian substansi sejarah itu harus kita perjuangkan dan kita rawat. Gerakan ini juga sangat di apresiasi oleh senior senior daerah,” tandasnya.


Sementara itu, Ana Sugiarti, Komandan DKW KPP Jatim, menerangkan, sebagai bentuk istiqamah, lomba video ini akan menjadi rangkaian kegiatan seperti biasa. Kemudian di area kegiatan akan disediakan Bazar UMKM.


“Dan puncaknya, setelah berbuka bersama kita akan mengkaji sejarah, menjelajah dan mencocokkan dengan sejarah lokal yang telah rekan-rekanita gali di masing-masing daerah,” urainya.


Dijelaskannya, ada beberapa ketentuan lomba yang harus diikuti oleh peserta. Di antaranya, peserta lomba dari DKC CBP-KPP se-Jatim. Isi atau materi video bisa berupa narasi maupun dokumenter yang memuat sejarah lokal DKC CBP-KPP se-Jatim, sejak awal dibentuk, komandan pertama, komandan dari masa ke masa, hingga capaian DKC dari masa ke masa.


Ketentuan berikutnya, durasi video dibatasi maksimal 30 Menit. Semua video diupload ke Google Drive dan dikirimkan dari email masing-masing DKC dengan subjek : Judul – Asal Daerah – Jenis Video (Narasi atau Dokumenter). Selanjutnya di kirim ke email [email protected] Semua video diupload di channel Youtube DKW CBP KPP Jawa Timur oleh Admin Media DKW.


Adapun time line lomba video sejarah lokal DKC CBP-KPP se-Jatim tanggal 07-15 April 2022 pengumpulan video,  15 April 2022 proses mengunggah video ke chanel Youtube DKW CBP KPP Jawa Timur, 16 April 2022 penjurian, terakhir tanggal 17 April 2022 pengumuman nominasi dan juara lomba video.


Metropolis Terbaru