• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Metropolis

Dana Kurban untuk Terdampak Covid-19, Keputusan Tepat saat PPKM Darurat

Dana Kurban untuk Terdampak Covid-19, Keputusan Tepat saat PPKM Darurat
Santri Pesantren tebuireng saat bakar sate daging kurban di pondok pada tahun 2015 lalu. Foto: Bangsaonline.com
Santri Pesantren tebuireng saat bakar sate daging kurban di pondok pada tahun 2015 lalu. Foto: Bangsaonline.com

Surabaya, NU Online Jatim

Imbauan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) supaya Nahdliyin mengalihkan dana kurban untuk membantu warga terdampak Covid-19 digelorakan pengurus NU di tingkat cabang. Salah satunya dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya yang juga turut menyuarakan imbauan yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor 5 tanggal 9 Juli 2021 dari PBNU tersebut.

 

Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Surabaya, Achmad Muhibbin Zuhri menyatakan bahwa imbauan dari PBNU sesuai kebutuhan masyarakat terdampak Covid-19 di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Serta tepat untuk kondisi pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat serba kesulitan.  

 

“Saya kira itu imbauan yang sangat tepat, sesuai dengan konteks kebutuhan hari ini, di mana masyarakat yang diperlukan memang kebutuhan pokok untuk bertahan hidup. Jadi yang berniat untuk kurban karena sudah memiliki persediaan untuk itu diimbau oleh PBNU supaya mengalihkan kurbannya untuk keperluan membantu mereka yang terdampak COVID-19,” katanya dilansir FaktualNews.co, Kamis (15/07/2021).

 

Menurutnya, kategori warga layak dibantu di antaranya yang sedang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) di rumah karena terpapar Covid-19. Bantuan itu bisa diberikan dalam bentuk dukungan moral maupun dengan memberikan bantuan pangan selama menjalani Isoman.

 

“Termasuk keperluan yang dibutuhkan saat isolasi seperti vitamin, susu, nutrisi-nutrisi yang diperlukan,” ungkapnya.

 

Pria yang akrab disapa Cak Ibin iru membeberkan, PCNU Kota Surabaya sejak awal telah memiliki program bantuan khusus diperuntukkan bagi warga yang sedang menjalani Isoman karena Covid-19. Bantuan tersebut berupa paket sehat yang diperoleh dari jamaah NU, relawan maupun masyarakat umum.

 

“Kita tinggal menyalurkan saja. Ada stok apa ya, keperluannya tentu jauh dari cukup. Nanti pemerintah Kota Surabaya juga melakukan hal yang sama. Insya Allah meringankan beban saudara-saudara kita itu,” bebernya.

 

Sebelumnya, PBNU mengimbau kepada Nahdliyin agar mengalihkan dana yang akan dibelikan hewan kurban untuk membantu warga terdampak Covid-19. Imbauan ini tertera dalam Surat Edaran yang diterbitkan di Jakarta pada 28 Dzulqa’dah 1442 Hijriyah atau 9 Juli 2021 Hijriyah.

 

Surat ini ditandatangani oleh Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Katib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, dan Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini.

 

 

"Pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak buruk di masyarakat terutama timbulnya masalah sosial ekonomi. Oleh karena itu, PBNU mengimbau warga Nahdliyin yang memiliki kemampuan secara ekonomi agar mendonasikan dana yang akan belikan hewan untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19," demikian bunyi imbauan yang terdapat dalam Surat Edaran PBNU Nomor 5 poin C sebagaimana diberitakan NU Online pada Rabu (14/07/2021) pagi.  


Editor:

Metropolis Terbaru