• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Metropolis

Dilantik, Pelajar NU di Mojokerto Diingatkan Langkah Awal Pembentukan Umat

Dilantik, Pelajar NU di Mojokerto Diingatkan Langkah Awal Pembentukan Umat
Pelantikan PK IPNU IPPNU SMKI Baburrohmah, Mojosari, Mojokerto. (Foto: NOJ/Yulia NH)
Pelantikan PK IPNU IPPNU SMKI Baburrohmah, Mojosari, Mojokerto. (Foto: NOJ/Yulia NH)

Mojokerto, NU Online Jatim

Pimpinan Komisariat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Sekolah Menengah Kejuruan Islam (SMKI) Baburrohmah Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto menggelar pelantikan kedua di SMKI setempat, Rabu (22/06/2022).

 

Ketua Ranting NU Desa Belahantengah, Nur Hidayat mengatakan, mabadi khaira ummah merupakan langkah awal pembentukan umat terbaik. Gerakan ini merupakan langkah awal pembentukan umat terbaik, yaitu suatu umat yang mampu melaksanakan tugas-tugas amar ma’ruf nahi mungkar yang merupakan bagian terpenting dari kiprah NU.

 

“Karena keduanya mutlak diperlukan untuk mendukung terwujudnya tata kehidupan yang di ridhai Allah SWT,” katanya.

 

Diterangkannya, sesuai cita-cita NU, nahi mungkar adalah menolak dan mencegah segala hal yang dapat  merugikan, merusak dan membebani, nilai-nilai kehidupan dan hanya dengan kedua kebahagiaan lahiriah dan bathiniyah tersebut dapat tercapai. Sementara itu kebutuhan strategi NU dewasa ini pun semakin berkembang, NU telah tumbuh menjadi satu organisasi masa besar.

 

“Tetapi, meskipun tingkat kohesi kultural di antara warga tinggi, kita dapat mengingkari kenyataan, betapa lamban proses pengembangan tata organisasinya. Di hampir semua tingkat kepengurusan dan realisasi program masih terlihat kelemahan manajemen sebagai masalah serius.

 

Dirinya menjelaskan, prinsip-prinsip dasar yang terkandung dalam mabadi khaira ummah tersebut memang sangat relevan dengan dimensi personal dalam pembinaan manajemen organisasi baik bisnis maupun organisasi sosial.

 

“Manajemen organisasi yang baik membutuhkan sumber daya manusia yang tidak hanya terampil, tetapi juga berkarakter terpuji dan bertanggung jawab,” jelasnya.

 

Dalam pembinaan organisasi NU, kualitas SDM semacam ini jelas dibutuhkan. Dengan demikian, gerakan mabadi khaira ummah tidak saja relevan dengan program pengembangan ekonomi, tetapi juga pembinaan organisasi pada umumnya.

 

“Kedua hal ini yang akan menjadi arah strategi pembangkitan kembali gerakan mabadi khaira ummah kita nantinya,” tandasnya.

 

Di samping bahwa SDM yang dapat dikembangkan melalui gerakan ini akan menjadi kader-kader unggul yang siap berkiprah aktif dalam mengikhtiarkan kemaslahatan umat, bangsa dan negara pada umumnya.


Metropolis Terbaru