• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Metropolis

IPNU Jatim Siap Dukung Posko Pesantren Ramah Anak

IPNU Jatim Siap Dukung Posko Pesantren Ramah Anak
IPNU Jatim Siap Dukung Posko Pesantren Ramah Anak. (Foto: Dok. PW IPNU Jatim)
IPNU Jatim Siap Dukung Posko Pesantren Ramah Anak. (Foto: Dok. PW IPNU Jatim)

Surabaya, NU Online Jatim
Berbagai sorotan atas dugaan aksi kekerasan hingga perundungan di lingkungan pesantren membuat Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim bergerak cepat melalui program Posko Pesantren Ramah Anak. Program ini pun mendapat apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jatim.


Ketua PW IPNU Jatim M Fakhrul Irfansyah mengaku turut memiliki keberpihakannya terhadap kondisi pesantren. Hal tersebut karena santri merupakan basis utama keanggotaan IPNU, sehingga apapun yang menyangkut persoalan santri juga menjadi bagian tanggung jawabnya secara kelembagaan.


"Mayoritas keanggotaan IPNU merupakan santri atau alumi pesantren, sehingga apapun yang berkaitan dengan keduanya merupakan tanggung jawab kami secara kelembagaan. Tentunya dengan tujuan agar bisa ikut andil menjaga pesantren dari berbagai hal yang tidak diinginkan," kata Irfan.


Dirinya mengatakan akan turut serta mengawal segala bentuk upaya dalam menjaga pesantren, terutama terkait dengan Posko Pesantren Ramah Anak yang digagas oleh para kiai di PWNU Jatim. Salah satu dukungan itu dengan menggerakkan struktur organisasi di berbagai tingkatan kepengurusan.


“PW IPNU Jatim akan mendukung dan siap ikut andil dalam Posko Pesantren Ramah Anak. Kami akan menggerakkan struktur di IPNU mulai dari Pimpinan Cabang (PC) hingga Komisariat Sekolah dan Pesantren untuk turut aktif dalam pendampingan teman-teman sebaya dan melakukan sosialisasi tentang pencegahan perundungan dan kekerasan di lingkungan lembaga pendidikan," ujarnya.


Diketahui, IPNU memiliki struktur kelembagaan yang secara khusus fokus pada lembaga pendidikan pesantren, yakni Lembaga Jaringan Sekolah dan Pesantren, yang tersebar di setiap daerah daratan maupun kepulauan.


Menindaklanjuti instruksi organisasi, Wakil Ketua Bidang Jaringan Pesantren IPNU Jatim Zaynollah mengaku akan melakukan koordinasi dengan PC IPNU di berbagai daerah guna memaksimalkan peran PKPP. Sehingga kehadiran IPNU benar-benar terasa keberadaan dan manfaatnya.


"Usai berkordinasi dengan pengurus harian PW IPNU Jatim, kami akan menindaklanjuti hal ini melalui Pimpinan Komisariat Pondok Pesantren (PKPP) IPNU yang ada di berbagai pondok pesantren di Jawa Timur. Melalui PKPP inilah kita bisa memaksimalkan peran maksimal mengawal Posko Pesantren Ramah Anak,” terangnya.


Ketua PC IPNU Sumenep masa khidmat 2020-2022 ini mengatakan akan menyusun langkah-langkah yang akan dilakukan oleh IPNU secara masif sehingga masyarakat tidak lagi mengkhawatirkan kondisi putra-putrinya di pesantren, terutama yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama.


"Masyarakat tidak perlu khawatir, karena pesantren dijaga oleh semua pihak termasuk IPNU sebagai banom NU yang menaungi kalangan Santri. Selain itu, pesantren selama ini terbukti telah memberikan layanan pengajaran, pendidikan ilmu dan akhlak hingga memberi motivasi kehidupan," pungkasnya.


Metropolis Terbaru