• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Metropolis

Kiai Marzuki Berangkatkan 10 Bus Mudik Gratis PWNU Jatim

Kiai Marzuki Berangkatkan 10 Bus Mudik Gratis PWNU Jatim
KH Marzuki Mustamar saat memberangkatkan mudik bareng (Foto : NOJ/Boy Ardiansyah)
KH Marzuki Mustamar saat memberangkatkan mudik bareng (Foto : NOJ/Boy Ardiansyah)

Surabaya, NU Online Jatim

KH Marzuki Mustamar, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur memberangkatkan 10 bus rombongan mudik bareng gratis NU Jatim. Pemberangkatan itu dilaksanakan di depan gedung setempat, Jalan Masjid Al-Akbar Timur 09 Surabaya, Sabtu, (30/04/2022) pagi.


Mudik bareng ini merupakan kerja sama antara PWNU Jatim melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim.


“Kami ikut senang njenegan sedoyo (kalian semua) bisa berkumpul dengan keluarga di kampung. Pertama kami berharap semoga dapat berbakti kepada kedua orang tua. Kedua semoga dapat ziarah ke makam sesepuh,” kata Kiai Marzuki sebelum memberangkatkan bus.


Selanjutnya  Pengasuh Pondok Pesantren Sabilulrosyad Gasek, Kota Malang itu berharap kepada para warga yang mudik ke kampung halaman bisa nyangoni (memberi uang) keponakan di kampung. Jika dalam perjalanan tidak terlalu haus dan lapar, Kiai Marzuki menyarankan agar tetap puasa.


“Jika tidak kuat, ya gimana lagi memang tidak kuat,” ungkapnya.


Kiai Marzuki dalam kesempatan ini juga mengajak berdoa supaya Gubernur Jawa Timur, Hj Khofifah Indar Parawansa, keluarga besar PWNU Jatim dan masyarakat yang mudik dapat selalu dalam keadaan sehat.


“Yang terakhir, nanti insyallah shalat tarawih terakhir. Kami berharap panjenagan sedoyo bisa melaksanakan,” harapnya.


Kiai Marzuki juga mengapresiasi Yayasan Enesis yang turut menjadi pendukung acara mudik bareng dengan memberikan enam ratus healthy kit. Menurutnya dalam gotong royong suatu kebaikan tidak perlu membeda-bedakan agama, suku atau yang lain.


Seluruh pemudik juga mendapat paket yang berisi minyak goreng, makanan ringan, kurma, antiseptik dan air mineral yang diberikan secara simbolis oleh Kiai Marzuki kepada masing-masing perwakilan bus.


Adapun rute mudik bareng PWNU Jatim tahun ini adalah dari Surabaya ke Ngawi, Madiun, Ponorogo, Pacitan, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Jember dan Banyuwangi.


Hadir dalam pemberangkatan ini, KH Hasan Ubaidillah, Sekretaris PWNU Jatim. Turut hadir pula, Ahmad Afif Amrullah dan Moch Rofii Boenawi sebagai Ketua dan Sekretaris LAZISNU Jatim.


Editor:

Metropolis Terbaru