• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 9 Desember 2022

Metropolis

LKKNU Sidoarjo Gelar Bimtek Fasilitator Wujudkan Keluarga Maslahah

LKKNU Sidoarjo Gelar Bimtek Fasilitator Wujudkan Keluarga Maslahah
Bimtek Keluarga Maslah LKKNU Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Bimtek Keluarga Maslah LKKNU Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Sidoarjo menggelar acara Bimtek Training Of Trainer (TOT) Fasilitator Keluarga Maslahah NU. Acara yang mengangkat tema ‘Mewujudkan Keluarga Maslahah melalui LKKNU’ ini dipusatkan di ruang pertemuan PCNU Sidoarjo, Sabtu (18/06/2022).


Wakil Rais PCNU Sidoarjo KH Sholeh Qosim selaku narasumber menyampaikan, bahwa membina kemaslahatan keluarga salah satunya dengan cara penanaman akidah, ketakwaan dan budaya ala Nahdliyin.


“Juga merencanakan perkawinan yang kokoh dengan komitmen, cinta kasih, santun, dan adab,” kata kiai yang merupakan aktivis di LKKNU Jawa Timur tahun 1993-2000 itu.


Dirinya pun kemudian menguraikan terkait dinamika perkawinan. Menurutnya, pasangan suami istri harus bisa menghadapi, mengatasi masalah, dan mengendalikan bahtera rumah tangga.


“Suami harus berusaha sebisa mungkin untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang meliputi sandang, pangan, papan, kesehatan, dan pendidikan,” ucap kiai yang lahir di Mojokerto ini.


Kiai kelahiran 03 April 1966 silam itu menambahkan, bahwa generasi yang berkualitas memiliki bekal ilmu agama, moralitas, dan kejujuran. Sementara ketahanan keluarga dapat ditentukan dari kemampuan dalam mengelola sumberdaya dan menghadapi masalah yang dihadapi.


“Mengelola konflik keluarga harus dilalui dengan berdiskusi agar damai dan rukun. Salah satunya dengan cara mencoba melihat dari sudut pandang yang berbeda dalam sebuah persolan,” ungkapnya.


Sementara Ketua PC LKKNU Sidoarjo, H Nor Ibadi mengatakan bahwa Bimtek TOT Fasilitator Keluarga Maslahah NU digelar untuk memberi bimbingan atau pembinaan keluarga bagi warga Sidoarjo guna menciptakan keluarga maslahah.


“Dengan adanya bimtek ini diharapkan masyarakat agar memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap hubungan antar keluarga dan aspek kehidupan manusia yang meliputi lingkungan, sosial, ekonomi, kesehatan, dan membangun bangsa,” ujarnya.


Dalam kegiatan ini, hadir Rais PCNU Sidoarjo, KHR Abdul Salam Mujib, Ketua PCNU KH Zaenal Abidin, Sekretaris PCNU H Agus Ubaidillah, dan beberapa tokoh lainya. Sementara dari peserta dihadiri pewakilan dari Muslimat NU dan Fatayat NU setempat.


Metropolis Terbaru