• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Metropolis

Sambut Harlah ke-70, Pergunu Jatim Gelar Halaqah Aswaja

Sambut Harlah ke-70, Pergunu Jatim Gelar Halaqah Aswaja
H Sururi, Ketua PW Pergunu Jatim dalam suatu kesempatan. (Foto: NOJ)
H Sururi, Ketua PW Pergunu Jatim dalam suatu kesempatan. (Foto: NOJ)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Wilayah (PW) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jawa Timur menggelar Halaqah Aswaja dengan tema 'Seni Mendidik ala Muassis NU; KH Bisri Syansuri’, Kamis (17/03/2022). Acara ini dilaksanakan untuk menyambut Hari Lahir (Harlah) ke-70 Pergunu yang jatuh pada 31 Maret mendatang.


“Untuk mengisi Harlah Pergunu ke-70 ini, PW Pergunu Jatim menggelar beberapa kegiatan. Pertama, pada Senin (14/03/2022) kemarin bersama beberapa Pimpinan Cabang (PC) berziarah ke makam KH M Hasyim Asy’ari dan KH Mohammad Djamaluddin Ahmad,” kata H Sururi selaku Ketua PW Pergunu Jatim.


Disampaikan oleh Sururi, ziarah merupakan akhlak seorang guru NU yang tidak pernah melupakan para kiai yang sudah wafat. Sebab, dari merekalah dapat memetik hikmah atas teladan yang dilakukan.


Terkait Halaqah Aswaja, pihaknya menyebutkan bahwa acara itu diharap dapat menjadikan kader Pergunu untuk terus meneladani para kiai pesantren dalam mendidik siswa.


“Ini adalah iktiar guru NU untuk meniru, mencontoh, meneladani, sekaligus mencari keberkahan  pada para kiai,” ungkapya.


Dalam kesempatan ini, Sururi mengintruksikan kepada Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) untuk menggelar halaqah di wilayah masing-masing. Hal ini dinilai penting untuk menyambung sanad kepada para kiai yang telah wafat, karena kiblat teladan guru NU adalah kiai pesantren yang terbukti sukses mendidik santri.


“Setelah acara ini selasai, Pimpinan Pusat (PP) dan PW Pergunu Jatim akan menggelar Halaqah di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto. Salah satu narasumbernya adalah Hj Khofifah Indar Parawansa selaku Gubernur Jatim,” terangnya.


Metropolis Terbaru