• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Metropolis

Songsong 1 Abad, NU Sangkapura Bawean Gelar Khitan Gratis

Songsong 1 Abad, NU Sangkapura Bawean Gelar Khitan Gratis
Salah satu peserta khitan gratis oleh MWCNU Sangkapura, Bawean. (Foto: NOJ/ Aminuddin)
Salah satu peserta khitan gratis oleh MWCNU Sangkapura, Bawean. (Foto: NOJ/ Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim
Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sangkapura bekerja sama dengan Dewan Pengurus Komisariat (DPK) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Bawean menggelar khitanan massal gratis. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyongsong 1 Abad NU ini dipusatkan di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bawean, Senin (22/08/2022).


Ketua Pelaksana Kegiatan Khitanan Massal, H Abdurahman menyampaikan terima kasih kepada segenap donatur yang telah memberikan kontribusi atas terselenggaranya kegiatan bakti sosial ini.


"Kami atas nama Ketua Pelaksana Kegiatan Khitanan Massal Gratis ini mengucapkan banyak terima kasih kepada donatur dan DPK PPNI Bawean yang telah bekerja sama dengan MWCNU Sangkapura dalam kegiatan khitanan gratis," ungkapnya.


Dirinya pun berharap, kegiatan serupa nantinya bisa dilaksanakan di tahun mendatang dengan peserta yang lebih banyak dan kegiatan yang lebih terkonsep dengan matang.


"Semoga kegiatan serupa bisa diselenggarakan kembali dengan lebih banyak lagi peserta yang ikut," harapnya.


Sementara itu, Ketua DPK PPNI Bawean, Dirman Fauzi mengatakan, rangkaian kegiatan bakti sosial khitanan massal gratis ini merupakan bentuk peduli MWCNU Sangkapura dan perawat kepada masyarakat.


Ia mengatakan, tim medis yang terlibat dalam kegiatan tersebut berjumlah 12 orang. Mereka merupakan tim medis gabungan dari berbagai unsur kesehatan di Bawean.


"Untuk tim medis sendiri kita hadirkan tim ahli di bidangnya. Yakni ada 7 tim spesialis dan 5 asisten yang tergabung dari RSUD Umar Mas'ud Sangkapura, Puskesmas Sangkapura, dan bidan desa setempat," jelasnya.


Diketahui, acara yang dibuka langsung oleh Rais MWCNU Sangkapura, Kiai Mashudi ini disambut antusias oleh masyarakat setempat. Tercatat, sebanyak 83 anak-anak dari 5 desa di bawah naungan MWCNU Sangkapura menerima manfaat khitan gratis tersebut.


Mereka tersebar di Desa Sawahmulya, Kotakusuma, Gunungteguh, Sungaiteluk, dan Sungairujing. Selain khitanan gratis, peserta juga mendapatkan sejumlah bingkisan dan uang saku sebagai hadiah.


Metropolis Terbaru