• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Parlemen

DPRD Surabaya Respons Permakanan Lansia Dicabut Ganti Uang Tunai

DPRD Surabaya Respons Permakanan Lansia Dicabut Ganti Uang Tunai
Anggota Komisi D DPRD Kota Surabaya, Tjutjuk Supariyono. (Foto: NOJ/ ISt)
Anggota Komisi D DPRD Kota Surabaya, Tjutjuk Supariyono. (Foto: NOJ/ ISt)

Surabaya, NU Online Jatim

Permakanan Lansia di Kota Pahlawan mulai tahun anggaran 2024 bakal dicabut dan diganti bantuan tunai Rp200 ribu per bulan. Anggota Komisi D DPRD Kota Surabaya Tjutjuk Supariyono mengatakan, dicabutnya permakanan tersebut lantaran beberapa tempat penyedia makanan tidak menyajikan menu yang sesuai.

 

"Kenapa pemakanan diganti uang karena kami melihat beberapa tempat penyedia terkadang tidak sesuai menu yang disajikan di lapangan," kata Tjutjuk saat dikonfirmasi, Jumat (10/11/2023).

 

Sebab itu, lanjut Tjutjuk, Komisi D DPRD Surabaya mengusulkan supaya permakanan diganti uang tunai agar keluarganya bisa meracik sendiri menu yang bergizi.

 

Tjutjuk menyebutkan, bahwa makanan yang diterima Lansia terkadang banyak mengandung garam. Hal itu menurutnya tidak baik bagi yang punya penyakit darah tinggi.

 

"Makanya kalau uang Rp200 ribu layak atau enggaknya, tergantung kita mengelolanya," ujar caleg incumbent PSI dapil Surabaya IV itu.

 

Tjutjuk memaparkan, untuk permakanan lansia satuan standar harga (SSH)-nya yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya hanya sebesar Rp11.500.

 

Saking rendahnya anggaran permakanan itu, kata Tjutjuk, pihaknya sempat berinisiatif ingin menaikkan menjadi Rp15.000, akan tetapi dialihkan ke bantuan tunai.

 

"Kami terakhir ingin menaikkan, tetapi akhirnya dialihkan ke tunai. Kenapa? Kami ngomong tidak cukup Rp11.500 untuk pemenuhan gizi lansia, dan Rp11.500 kan masih kurang juga," pungkas Tjutjuk.


Parlemen Terbaru