• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Parlemen

Hindari Lost Generation, DPRD Jatim Dukung PTM di Sejumlah Daerah

Hindari Lost Generation, DPRD Jatim Dukung PTM di Sejumlah Daerah
Pembelajaran tatap muka di masa pandemi. (Foto: NOJ/jawapos)
Pembelajaran tatap muka di masa pandemi. (Foto: NOJ/jawapos)

Surabaya, NU Online Jatim

DPRD Jawa Timur mendukung langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim untuk menerapkan kembali sistem Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sejumlah daerah yang berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-3 di Jatim. Dukungan PTM ini didasarkan untuk menanggulangi lost generation untuk masa depan. Dukungan sejumlah orang tua siswa juga tak luput dari pertimbangan pihaknya untuk menyetujui diterapkannya PTM ini.

 

"Sebagai wakil pimpinan DPRD Jatim, tentu saya sangat mendukung jika Gubernur Jatim mulai mengizinkan PTM di sejumlah daerah yang kasus sebaran Covid-19-nya sudah landai,” kata Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah, Rabu (25/08/2021).

 

Hal tersebut senada dengan Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hikmah Bafaqih. Ia menambahkan bahwa sesuai aturan dengan turunnya status level di Surabaya Raya maka mestinya daerah-daerah tersebut sudah bisa dilakukan PTM.

 

“Kami yakin sekolah, orang tua dan siswa sudah sangat bersemangat untuk segera masuk dengan berbagai ketentuan yang mengikat walaupun terbatas,” terang Hikmah.

 

Mantan ketua Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Jatim ini menegaskan bahwa wilayah Surabaya Raya adalah kota industri yang memiliki mobilitas penduduk keluar masuk dari berbagai daerah yang cukup tinggi.

 

“Karena itu prinsip kehati-hatian dalam mengambil keputusan sangat dianjurkan. Terutama mendesain berangkat dan pulang anak-anak sekolah sehingga tak hanya soal pembelajaran di sekolah saja,” ujar politisi asal Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) ini.

 

Diberitakan sebelumnya pemerintah mengizinkan PTM terbatas di wilayah PPKM Level 1-3 seiring membaiknya situasi pandemi. Sementara itu, wilayah PPKM Level 4 masih dengan pembelajaran daring.

 

Hal tersebut diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate bahwa pelaksanaan belajar tatap muka bersifat dinamis, tergantung kondisi wilayah masing-masing.

 

"Prinsip kehati-hatian dan penerapan protokol kesehatan tetap utama demi menjamin keselamatan seluruh insan pendidikan," ungkap Johnny.


Parlemen Terbaru