• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Parlemen

Kebobolan Omicron, Ini Harapan DPRD Jatim kepada Pemprov dan Pemda

Kebobolan Omicron, Ini Harapan DPRD Jatim kepada Pemprov dan Pemda
Hikmah Bafaqih, Wakil Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur. (Foto: NOJ/A Toriq)
Hikmah Bafaqih, Wakil Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur. (Foto: NOJ/A Toriq)

Surabaya, NU Online Jatim

Hikmah Bafaqih, Wakil Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur meminta Pemerintah Provinsi serta pemerintah daerah di Jatim segera mengambil langkah taktis pembendungan penyebaran Covid-19 varian Omicron. 
 

Ia mengatakan, kota dan kabupaten padat penduduk seperti Surabaya dan sekitarnya harus lebih memasifkan tracking terhadap korban yang sudah terdeteksi varian Omicron. Dan Komisi E juga  meminta masyarakat saat ini waspada, mematuhi prokes yang sudah dianjurkan pemerintah sebagai upaya untuk antisipasi dan waspada agar sebarannya bisa dilokalisir. 
 

“Pemerintah dan pihak terkait harus segera menentukan langkah-langkah progresif seperti apa yang harus diambil dan sesegera mungkin, agar sebaran Omicron bisa diatasi dengan baik,” kata Hikmah yang juga anggota Fraksi PKB DPRD Jatim, Ahad (02/12/2022). 
 


Tanggapan Satgas

Sementara itu Juru Bicara Rumpun Kuratif Satgas Covid-19 Jatim, dr Makhyan Jibril al-Farabi mengatakan varian Omicron sudah terdeteksi di wilayah Jatim, berdasarkan keterangan ITD Unair. 
 

“Ini memang tak terelakkan karena salah satu karakter varian ini adalah penularannya sangat cepat. Kita harus waspada, tapi jangan sampai perkembangan ini membuat kita panik,” tuturnya. 
 

Menurutnya sejauh ini varian Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien. Terutama pasien yang sudah mendapatkan vaksin. 
 

“Sekarang yang harus kita lakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian omicron tidak meluas di Jawa Timur, jangan sampai terjadi penularan lokal,” pungkas Jibril.
 


Editor:

Parlemen Terbaru