• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Parlemen

Ketua F-PKB Heran, Pendaftaran Sekdaprov Jatim Belum Ada Peminat

Ketua F-PKB Heran, Pendaftaran Sekdaprov Jatim Belum Ada Peminat
Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim, Fauzan Fuadi. (Foto: NOJ/A Toriq)
Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim, Fauzan Fuadi. (Foto: NOJ/A Toriq)

Surabaya, NU Online Jatim
Pengisian kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur terus mendapati sorotan dari DPRD Jatim. Pasalnya hingga saat ini pendaftaran yang dibuka secara online di website Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dari 7 Maret 2022 hingga kini masih belum ada yang mendaftar. 


Kekosongan jumlah pendaftar Sekdaprov Jatim ini pun memunculkan tanda tanya besar dari Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim, Fauzan Fuadi. Ia heran, melihat banyaknya Aparatur Sipil Negara atau ASN potensial di Jatim, mengapa seakan tidak ada yang berani memperebutkan kursi strategis tersebut. 


"Banyak ASN potensial dan layak sebagai Sekdaprov Jatim. Mungkin masih malu-malu kucing," katanya, Kamis (10/03/2022).


Bendahara DPW PKB Jatim ini mengatakan, bagaimanapun kekosongan kursi Sekdaprov Jatim harus terisi. Sebab, berkaca kepada posisi Sekda yang diisi pelaksana harian (Plh), kini diisi penjabat (Pj), banyak ketidak maksimalan dalam tata administrasi di internal Pemprov Jatim. 


"Pengalaman saat posisi Sekdaprov diisi plh, banyak terjadi kegaduhan politik. Politik anggaran yang menjadi pembahasan eksekutif dan legislatif juga tidak maksimal," tegas Fauzan. 


Oleh sebab itu, mantan Ketua Cabang PMII Malang ini mengingatkan sekdaprov nanti tidak berpolitik. "Sekda jangan berpolitik lah," terangnya. 


Seperti diketahui, Pemprov Jatim membuka pendaftaran kursi Sekdaprov Jatim. Pendaftaran inipun dibuka dari tanggal 7 Maret hingga 11 Maret 2022. Namun, sampai hari keempat pendaftaran, Kamis (10/3/2022) belum ada satupun ASN dari internal Pemprov Jatim mendaftar. Muncul banyak informasi, mereka masih melihat dan menunggu hingga mepetnya waktu pendaftaran, yang berakhir Jumat (11/3/2022). 


"Belum ada yang masuk," ucap  Kepala BKD Provinsi Jatim, Indah Wahyuni singkat. 


Diisukan ada beberapa pejabat yang berpotensi maju, seperti,  Jumadi (Kepala Dinas Kehutanan Jatim), Nurkholis (Kepala Dinas ESDM Jatim), Bobby Soemiarsono (Kepala BPKAD Jatim), Indah Wahyuni (Kepala BKD Jatim), Jatim M Yasin (Kepala Bappeda), Aris Agung Paweai (Kepala BPSDM Jatim)  dan Kepala Dinas PU Sumber Daya Air Jatim Muhammad Isa Anshori. 


Editor:

Parlemen Terbaru