• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Parlemen

PKB Jatim Gelar Doa Bersama untuk Perdamaian Dunia

PKB Jatim Gelar Doa Bersama untuk Perdamaian Dunia
Doa bersama dan halal bihalal. (Foto: NOJ/Totok)
Doa bersama dan halal bihalal. (Foto: NOJ/Totok)

Surabaya, NU Online Jatim

DPW PKB Jawa Timur bersama ribuan ulama dan habaib se-Jawa Timur akan menggelar doa bersama untuk perdamaian dunia yang digelar di Dyandra Convention Center Surabaya, Minggu (22/05/2022) besok. Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar bersama pengurus DPP PKB sekaligus halal bihalal.

 

Sekretaris DPW PKB Jawa Timur, Anik Maslachah mengatakan, giat tersebut adalah bagian dari dukungan Gus Muhaimin untuk menciptakan keharmonisan dunia. Menurutnya, persiapan dalam menyambut acara besok ini 99 persen sudah rampung. Undangan kepada para kiai pun secara keseluruhan sudah tersebar. 

 

"Persiapan ini memang sudah jauh-jauh hari kita lakukan dengan membentuk tim panitia. Ruangan VIP bagi para kiai juga kita sediakan, tinggal nunggu berjalannya acara besok. Dan semoga berjalan lancar," katanya.

 

Anik yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim ini menambahkan, usaha Gus Muhaimin dalam mencipkan perdamaian dunia ini juga menjadi tanggung jawab bagi para kader. Oleh karenanya, hal ini harus didukung oleh para kader.

 

"Para kader di bawah juga harus ikut andil terhadap usaha Gus Muhaimin dalam menciptakan perdamaian. Keluarga besar PKB sangat peduli dan merindukan kedamaian," ujarnya. 

 

Gus Muhaimin menyampaikan, saat ini banyak persoalan yang terjadi di berbagai belahan dunia. Selain pandemi COVID-19 yang belum menghilang, konflik peperangan juga masih terjadi di sejumlah negara. Kondisi peperangan yang jadi sorotan utama dunia internasional saat ini konflik antara Rusia dan Ukraina. Dia mengatakan jika tak segera diselesaikan secara damai maka konflik Rusia dengan Ukraina akan berdampak serius terhadap dunia.

 

"Imbasnya luar biasa. Saat ini ribuan warga Ukraina terpaksa mengungsi ke Eropa dan jadi gelandangan. Ini jadi persoalan dunia yang harus segera diselesaikan," terangnya. 

 

Dia bilang, konflik Rusia-Ukraina juga punya dampak utama terhadap perekonomian dunia. Harga minyak dan gas dikhawatirkan terus melonjak sehingga berdampak terhadap pasokan ke sejumlah negara. Hal ini lantaran status Rusia sebagai salah satu produsen dan pengekspor bahan bakar fosil terbesar di dunia. 

 

"Hal yang paling mengerikan adalah dampak kemanusiaannya. Akan berapa ribu bahkan jutaan orang yang akan meninggal dunia jika perang tidak segera dihentikan," lanjut Wakil Ketua DPR RI tersebut. 


 
Termasuk konflik Israel dengan Palestina juga jadi sorotan Gus Muhaimin. Menurut dia, jika konflik ini terus berlarut dan tak kunjung menunjukkan tanda-tanda berhenti bakal jadi persoalan serius. 

 

"Apalagi, ia menyinggung dengan merujuk sumber pemberitaan media internasional, serangan Israel terhadap warga Palestina masih terus gencar dilakukan. Rumah warga Palestina dan bangunan fasilitas umum banyak yang hancur," ujarnya.

 

Beberapa ulama Jawa Timur yang dijadwalkan hadir pada acara doa bersama dan halal bihalal itu antara lain KH Anwar Manshur Lirboyo, KH Marzuki Mustamar, KH Nurul Huda Djazuli Ploso, KH Abdullah Kafabihi Mahrus Lirboyo, KH Kholil As’ad Situbondo, KH Abdurrohman Al-Kautsar Ploso, Habib Alwi bin Idrus Baaqil Sampang, Habib Ali Zaenal Bondowoso, KH Agus Ali Mashuri Sidoarjo, dan sejumlah ulama dari berbagai daerah lain di Jatim. 


Parlemen Terbaru